Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Presiden Jokowi Keluhkan Penipuan dan Tindak Pidana Keuangan Digital yang Dialami Masyarakat Kecil

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Senin, 11 Oktober 2021, 14:23 WIB
Presiden Jokowi Keluhkan Penipuan dan Tindak Pidana Keuangan Digital yang Dialami Masyarakat Kecil
Presiden Joko Widodo/Repro
rmol news logo Layanan keuangan digital yang semakin berkembang saat pandemi Covid-19 disambut baik Presiden Joko Widodo. Akan tetapi, disaat yang sama dia juga mengeluhkan maraknya penipuan dan tindak pidana keuangan digital.

Saat memberikan Keynote Speech dalam acara OJK virtual Innovation Day 2021, Jokowi mengatakan bahwa bank dan asuransi berbasis digital mulai marak bermunculan, termasuk berbagai macam e-payment yang menurutnya harus didukung.

"Gelombang digitalisasi yang terjadi beberapa tahun terakhir ini, yang dipercepat oleh pandemi Covid-19 harus kita sikapi dengan cepat dan tepat," ujar Jokowi dikutip melalui siaran kanal Youtube Sekretariat Presiden, Senin siang (11/10).

Bahkan dia mengungkapkan, penyelenggara fintech terus bermunculan, termasuk fintech syariah. Inovasi-inovasi financial technology ini semakin berkembang, yang salah satunya bisa dilihat dari fenomena sharing economy yang semakin marak dari ekonomi berbasis pear to pear hingga bussines to bussines.

Tetapi pada saat yang sama, Jokowi mendapat informasi banyaknya penipuan dan tindak pidana keuangan terjadi dan dialami masyarakat yang kesulitan menjangkau layanan keuangan konvensional.

"Saya mendengar masyarakat bawah yang tertipu dan terjerat bunga tinggi oleh pinjaman online yang ditekan dengan berbagai cara untuk mengembalikan pinjamannya," ucapnya.

Maka dari itu, Jokowi meminta jajarannya dan semua stake holder keuangan dan industri digital agar menjaga momentum perkembangan digitalisasi yang cepat ini. Salah satu caranya memperluas literasi keuangan dan digital.

"Harus dikawal, sekaligus difailitasi untuk tumbuh secara sehat, untuk perekonomian masyarakat kita," demikian Jokowi. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA