Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dukung PTM, Saleh Daulay Ingin Peserta Didik Jadi Prioritas Vaksinasi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jamaludin-akmal-1'>JAMALUDIN AKMAL</a>
LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Selasa, 12 Oktober 2021, 10:40 WIB
Dukung PTM, Saleh Daulay Ingin Peserta Didik Jadi Prioritas Vaksinasi
Ketua Fraksi PAN DPR RI Saleh Partaonan Daulay/Net
rmol news logo Perhatian khusus pada pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) harus diberikan pemerintah demi meningkatkan mutu pendidikan dan kualitas sumber daya manusia Indonesia beberapa tahun ke depan. Pelaksanaan PTM harus didukung oleh semua pihak, terutama lintas kementerian lembaga yang ada.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Ketua Fraksi PAN DPR RI Saleh Partaonan Daulay mengatakan bahwa Surat Edaran 4/2021 tentang Penyelenggaraan Pembelajaran Tatap Muka sudah terbit. Surat itu menekankan pentingnya PTM berbasis protokol kesehatan yang ketat.

“Protokol kesehatan ini yang perlu diperkuat sehingga dalam tataran implementasi dapat melindungi seluruh peserta didik, guru, dan tenaga pendukung lainnya,” ujarnya kepada redaksi, Selasa (12/10).

Pelaksanaan PTM, sambung Saleh, memang tidak mudah. Untuk itu, sudah semestinya dipastikan bahwa mereka yang mengikuti PTM harus aman, sehat, dan terhindar dari covid-19.

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan melaksanakan testing secara reguler kepada siswa, guru, dan tenaga administrasi lainnya.

"Setidaknya, guru, anak didik, dan staf administrasi ditest minimal sekali atau dua kali dalam dua minggu. Agar tidak terlalu mahal dan tidak memakan waktu lama, maka testing dilakukan dengan rapid antigen. Dengan begitu, penularan covid-19 di sekolah dan perguruan tinggi dapat dipantau dengan baik,” sambungnya.

Peserta didik yang mengikuti PTM juga harus diprioritaskan untuk mendapatkan vaksinasi.

Lebih lanjut, anggota Komisi IX ini mendorong agar Kementerian Kesehatan melalui Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) melaksanakan kerjasama dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Reknologi.

Kerjasama tersebut fokus utamanya pada dua hal, yaitu pelaksanaan testing  dan vaksinasi. Kerjasama ini sangat penting untuk mempercepat pencapaian target pemerintah dalam pelaksanaan vaksinasi terutama menjelang akhir tahun ini.

"Setahu saya, Kemenkes itu memiliki anggaran yang cukup untuk melaksanakan testing dan vaksinasi. Jadi sudah saatnya pelaksanaan testing diarahkan ke sekolah-sekolah dan perguruan-perguruan tinggi,” demikian Saleh. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA