Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jelang Penutupan PON XX, Dua Kapal Besar Disiagakan di Papua untuk Tempat Isolasi Covid-19

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Selasa, 12 Oktober 2021, 17:39 WIB
Jelang Penutupan PON XX, Dua Kapal Besar Disiagakan di Papua untuk Tempat Isolasi Covid-19
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi saat meninjau kesiapan KM Tidar untuk isoter Covid-19 akibat PON XX Papua/Ist
rmol news logo Lima hari menjelang penutupan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua, pemerintah menyiapkan dua kapal besar untuk dijadikan tempat isolasi orang terkonfirmasi Covid-19.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, dua kapal yang dijadikan tempat isolasi terpadu (isoter) ditempatkan di wilayah yang berbeda. Yaitu, Kapal KM Tidar disiagakan di Jayapura, dan KM Sirimau di Merauke.

"Saya telah instruksikan kepada Dirjen Perhubungan Laut agar kedua kapal isoter tersebut tetap berada di Papua hingga h+5 penutupan PON XX dan memastikan seluruh pasien yang dirawat di isoter ditangani dengan baik," ujar Budi melalui keterangan yang dilansir laman Sekretariat Kabinet, Selasa (12/10).

KM Tidar telah berada di Jayapura sejak 12 Agustus 2021 atau sebelum penyelenggaraan PON, sebagai tempat isoter dalam rangka mengendalikan pandemi Covid-19 di Jayapura.

Sedangkan KM Sirimau telah berada di Merauke sejak 27 September 2021, setelah mengakhiri tugas sebagai kapal isoter di Sorong.

Untuk kapasitas, KM Tidar bisa menyediakan 929 tempat tidur dengan rincian 873 tempat tidur untuk pasien, dan 56 tempat tidur untuk tenaga kesehatan. Sedangkan KM Sirimau berkapasitas 460 tempat tidur dengan rincian 449 tempat tidur untuk pasien dan 11 tempat tidur untuk tenaga kesehatan.

Budi menjelaskan, saat ini, pasien isoter di KM Tidar terisi sebanyak total 15 orang yang terdiri 14 orang dari klaster PON dan satu orang dari klaster umum. Mereka di antaranya dirawat di kapal isoter karena memang tidak memiliki gejala.

"Keberadaan kedua kapal isoter ini diharapkan dapat membantu pengendalian penyebaran Covid-19 di Papua," tuturnya.

Selain dua kapal pesiar, Menhub memastikan fasilitas siaga Covid-19 di empat bandara yang ada di Papua. Keempat bandara tersebut adalah Bandara Sentani di Jayapura, Bandara Mozes Kilangin di Timika, Bandara Domine Eduard Osok di Sorong, dan Bandara Mopah di Merauke.

"Pemulangan atlet-atlet PON melalui bandara telah kita pastikan sesuai dengan protokol kesehatan yang ketat baik oleh pihak bandara maupun maskapai," katanya.

"Kita juga telah mengimplementasikan aplikasi Peduli Lindungi dan memastikan semua yang berangkat sudah melakukan vaksin dan tes PCR," tutup Budi. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA