Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kasus Covid-19 Menurun, Nasdem Minta Pemerintah Fokus Ciptakan Lapangan Pekerjaan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Selasa, 12 Oktober 2021, 18:14 WIB
Kasus Covid-19 Menurun, Nasdem Minta Pemerintah Fokus Ciptakan Lapangan Pekerjaan
Ketua Koordinasi Bidang Kebijakan Publik dan Isu Strategis DPP Partai Nasdem, Suyoto/Net
rmol news logo Pandemi virus corona baru (Covid-19) diklaim pemerintah telah melandai dalam beberapa waktu terakhir. Penurunan ini didasari oleh penerapan kebijakan PPKM secara ketat. Tujuannya untuk menekan penyebaran angka pandemi Covid-19.

Meski telah melandai, pemerintah diminta untuk fokus menciptakan lapangan kerja untuk masyarakat.

Data dari Badan Pusat Statistik (BPS), pengangguran usia 20-24 tahun meningkat 3,36 persen, 14,3 persen pada Februari 2020 menjadi 17,66 persen pada Februari 2021.

Sementara pengangguran usia 25-29 tahun meningkat 2,26 persen poin dari 7,01 persen di Februari 2020 menjadi 9,27 persen di Februari 2021.

Sedangkan, tingkat pengangguran penduduk usia 30-34 tahun sebesar 4,94 persen, usia 35-39 tahun 3,74 persen, usia 40-44 tahun 3,55 persen, dan usia 44-49 mencapai 3,27 persen.

Hal ini disampaikan oleh Ketua Koordinasi Bidang Kebijakan Publik dan Isu Strategis Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Nasdem, Suyoto mengomentari menurunnya pandemi Covid-19 dan mulai menggeliatnya ekonomi nasional, Selada (12/10).

"Seiring menurunnya pandemi yang menandai keberhasilan dari vaksinasi, maka pemerintah perlu mengiringi secepatnya normalisasi lapangan pekerjaan dan menciptakan lapangan pekerjaan baru sebagai fokus kebijakan ekonomi pembangunan kita,” ucap Suyoto.

Menurutnya, lapangan pekerjaan baru yang bisa ditargetkan oleh pemerintah antara lain di sektor industri, di sektor informal maupun sektor pertanian dan kelautan.
Namun, mantan Bupati Bojonegoro dua periode ini mengatakan, saat ini yang paling prioritas adalah sektor industri dan UMKM.

"Kalau sektor pertanian dan kelautan masih cukup bagus meski ada pandemi. Tinggal ditingkatkan lagi," katanya.

Lebih jauh, Suyoto mengatakan, percepatan normalisasi agar tercipta lapangan pekerjaan baru dengan strategi pemberdayaan, strategi relaksasi dari sisi keuangan serta penguatan permodalan.

Kata Suyoto, untuk pemberdayaan memang harus diberdayakan. Pemerintah sebagai pihak yang memegang kendali perekonomian harus memberdayakan para pelaku ekonomi supaya perekonomian terus berputar.

Sedangkan relaksasi itu diperlukan karena banyak pengusaha yang kemarin melakukan pinjaman yang sangat besar, tapi tidak bisa bangkit lagi karena cash flow-nya habis.

Yang berikutnya adalah penguatan permodalan, makanya kalau perlu pemerintah memberikan tambahan modal bagi para pengusaha.

"Tambahkan modal supaya bisa produksi yang lebih besar lagi,” imbuhnya.

Dan sektor lain yang perlu mendapatkan perhatian adalah sektor logistik, karena sekarang permintaan impor ekspor cukup tinggi tapi ada masalah di logistik yaitu terutama kelayakan kontainer.

"Saya kira ini perlu difokuskan dan atasi supaya ekonomi kita naik lagi,” tutupnya.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA