Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ingatkan Juri Ardiantoro Cs, Demokrat: Kejujuran Pemilu Dimulai Dari Integritas Tim Seleksi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Rabu, 13 Oktober 2021, 09:05 WIB
Ingatkan Juri Ardiantoro Cs, Demokrat: Kejujuran Pemilu Dimulai Dari Integritas Tim Seleksi
Ketua Kelompok Fraksi Partai Demokrat di Komisi II DPR RI Anwar Hafid/Net
rmol news logo Tim Seleksi Calon Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) periode 2022 hingga 2027, harus tetap menjaga netralitas dan integritas dalam menjalankan tugas.

Harapan itu disampaikan Ketua Kelompok Fraksi Partai Demokrat di Komisi II DPR RI Anwar Hafid menyikapi polemik ditunjuknya Deputi IV Kantor Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Juri Ardiantoro menjadi Ketua Tim Seleksi Calon Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) periode 2022-2027.

"Kejujuran pemilu kita dimulai dari integritas tim seleksi, saya berharap integritas itu dimiliki oleh pansel," kata Anwar Hafid kepada wartawan, Rabu (14/10).

Pasalnya, kata Anwar Hafid, pansel tersebut akan memilih penyelenggara pemilu yang memiliki kredibelitas, jujur, dan independen. Tiga hal itu, kata dia, bisa dicapai jika tim seleksi betul-betul berintegritas.

"Kata kunci integritas dalam konteks pemilu adalah menjamin bahwa proses, termasuk aktor yang akan menjalankan tahapan pemilu, benar-benar berdiri di atas netralitas dan tidak berpihak," katanya.

"Jika pansel yang terpilih tidak bisa menjaga netralitas tersebut dalam menentukan proses seleksi penyelenggara tentu ini tidak boleh dibiarkan," demikian Anwar Hafid.

Posisi Juri Ardiantoro yang juga mantan Ketua KPU RI 2016-2017 menjadi sorotan karena dia sempat menjadi anggota Tim Kampanye Nasional Joko Widodo-Ma'ruf Amin saat kampanye Pemilu 2019. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA