Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Said Aqil Siroj: Dunia Harus Junjung Tinggi Kemerdekaan Palestina

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/angga-ulung-tranggana-1'>ANGGA ULUNG TRANGGANA</a>
LAPORAN: ANGGA ULUNG TRANGGANA
  • Kamis, 14 Oktober 2021, 00:41 WIB
Said Aqil Siroj: Dunia Harus Junjung Tinggi Kemerdekaan Palestina
Ketum PBNU bersama beberapa Dubes negara-negara timur tengah saat hadiri undangan perpisahan Duta Besar Aljazair untuk Indonesia, Abdelkader Aziria/Rabu malam (13/10)/Ist
rmol news logo Organisasi Masyarakat Islam terbesar Nahdlatul Ulama menegaskan komitmennya menjunjung tinggi kemerdekaan Palestina.  
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Sikap itu disampaikan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU, KH Said Aqil Siroj saat hadir memenuhi undangan perpisahan Duta Besar Aljazair untuk Indonesia, Abdelkader Aziria, Rabu malam, (13/10).

Dalam acara itu, Kiai Said dipertemukan dengan sejumlah perwakilan negara-negara Timur Tengah, seperti Tunisia, Mesir, Mauritania, Yaman, Oman, Syria, Sudan, Iraq, dan Libya.

Jamuan bid farewell Dubes Aljazair kali ini terasa spesial karena digelar di Kediaman Dinas Dubes Palestina.

Saat berinteraksi dengan petinggi negara-negara timur tengah itu, Kiai Said membahas mengenai masa depan perdamaian di Timur Tengah.

"Kami Nahdlatul Ulama tetap bersama Palestina. Itu Pasti. Tetapi lebih dari itu, kami juga berharap isu multilateral mengenai masa depan (negara-negara) Timur Tengah secara lebih luas, ke depan juga menjadi concern kita bersama," kata Kiai Said dalam keterangan tertulis yang diterima Kantor Berita Politik RMOL, Kamis dini hari (14/10).

Kiai Said juga mengatakan, selaras dengan komitmen NU, sikap Pemerintah Indonesia terkait isu-isu seputar Palestina juga sama.

Dijelaskan Kiai Said, di level multilateral, bahkan di forum Dewan Keamanan PBB, Indonesia terus menegaskan dukungannya terhadap perjuangan kemerdekaan Palestina.

"Kita akan terus mengangkat isu Palestina agar menjadi perhatian dan pembahasan dunia," terangnya.

Di hadapan Dubes negara Timur tengah, Kiai Said menegaskan bahwa sikap NU tidak pernah bergeser.

Pengasuh Ponpes Al Tsaqofah itu menceritakan bahwa sejak  Muktamar ke-13 tahun 1938,  NU telah menyatakan dukungan kepada cita-cita kemerdekaan Palestina.

"Di era dunia modern abad ini seharusnya sudah tidak ada lagi praktik penjajahan dan penindasan. Seluruh rakyat dunia seharusnya menjunjung tinggi kemerdekaan dan hak dasar manusia untuk hidup," tutupnya.

Saat yang sama, Duta Besar Palestina untuk Indonesia Zuhair Al-Shun mengaku tidak menyangsikan dukungan Nahdlatul Ulama dan Indonesia untuk Palestina.

"Kami sampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya untuk NU, untuk bangsa Indonesia atas seluruh dukungan dan dorongan untuk kemerdekaan rakyat Palestina," tandasnya.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA