Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pintu Umroh Dibuka Tanda Pengendalian Pandemi Jadi Kunci

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Kamis, 14 Oktober 2021, 09:46 WIB
Pintu Umroh Dibuka Tanda Pengendalian Pandemi Jadi Kunci
Anggota DPD RI, Fahira Idris/Net
rmol news logo Kebijakan Pemerintah Arab Saudi kembali membuka pintu bagi jemaah umroh asal Indonesia ke Tanah Suci tidak lepas dari penanggulangan Covid-19 dan cakupan vaksinasi di Indonesia yang terus semakin membaik.

Menurut anggota DPD RI, Fahira Idris, catatan itu membuat Arab Saudi dan negara lain menilai Indonesia berada di jalur yang benar dalam menanggulangi pandemi.

Semua dampak yang dialami akibat pandemi akan bisa diatasi jika semua sumber daya negara dikerahkan untuk menanggulangi Covid-19.

Sektor kesehatan yang menjadi prioritas dan dasar kebijakan Indonesia menghadang gempuran Covid-19, kini mulai memperlihatkan hasilnya.
 
“Ini bukti bahwa pengendalian pandemi menjadi kunci bagi Indonesia baik dalam menata kehidupannya di dalam negeri maupun dalam percaturan hubungan internasional. Ini karena, saat ini pengendalian pandemi menjadi salah satu parameter posisi sebuah negara di mata dunia atau di mata negara lain,” ujarnya kepada wartawan, Kamis (14/10).

Fahira mengatakan bahwa negara yang berhasil mengendalikan laju penularan dan mempunyai cakupan vaksinasi yang tinggi akan mempunyai posisi tawar lebih baik.

Artinya, selama pandemi bisa semakin baik ditanggulangi, maka berbagai kemudahan akan didapati, terutama dalam membangun kembali ekonomi.
 
Lebih lanjut, senator DKI Jakarta ini mengapresiasi kerja-kerja diplomatik Pemerintah terutama kementerian terkait mulai dari Kementerian Luar Negeri, Kementerian Kesehatan dan Kementerian Agama atas dibukanya kembali pintu ibadah umroh.

Dirinya berharap berbagai persoalan teknis yang masih jadi kendala antara kedua negara dalam pelaksanaan ibadah umroh ini segera mendapat titik temu dan segera disinkronkan serta diselesaikan secara komprehensif sampai izin ibadah umrah benar-benar resmi diterima pemerintah.
 
“Setelah hal teknis selesai dan izin sudah resmi kita terima, hal penting selanjutnya adalah tahapan sosialisasi berbagai syarat yang harus dipenuhi semua calon jamaah umroh. Ini penting agar semua jamaah mengerti, paham, dan patuh menjalankan berbagai syarat dan aturan agar terhindar dari berbagai kendala,” pungkas Fahira Idris. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA