Asean Korea Coopertion Onwards
ASEAN-KOREA Cooperation Upgrade
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

PGM Tanamkan Revolusi Mental agar Guru Madrasah Lebih Profesional

LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Kamis, 14 Oktober 2021, 12:36 WIB
PGM Tanamkan Revolusi Mental agar Guru Madrasah Lebih Profesional
Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM)/Net
Keberadaan madrasah berperan penting dalam menumbuhkan revolusi mental untuk mewujudkan Indonesia Maju sebagaimana dicanangkan Presiden Joko Widodo.

Ketua Perkumpulan Guru Madrasah (PGM) Jawa Barat, Hasbullah mengatakan, Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM) bisa menjadi hal yang wajib agar Indonesia Maju bisa terealisasi.

“Mental berkaitan dengan mengubah pola pikir lebih maju. Yang paling sederhada saja, dengan menerima keberagaman, sadar akan kemajemukan Indonesia dan tidak memaksakan satu pemahaman terhadap pemahaman lain adalah bentuk revolusi mental,” kata Hasbullah dalam keterangan tertulisnya, Kamis (14/10).

Ia melanjutkan, PGM melakukan berbagai terobosan untuk mengubah pola pikir guru madrasah agar lebih produktif dan positif, yakni dengan menanamkan penguatan karakter dan meningkatkan profesionalisme guru.

“Kita melakukan langkah-langkah kongkret, seperti mendorong guru agar lebih profesional yang di dalamnya juga ada hak dan kewajiban. Mendorong guru lebih fokus menjalankan aktivitas dengan memenuhi hak-hak kesejahteraan mereka,” tegasnya.

Ia juga melakukan penguatan literasi bagi para guru yang tergabung di PGM agar lebih memahami kondisi faktual, penguatan karakter agar bisa menganalisa apapun bentuk yang bisa dikembangkan di lingkungan madrasah tempat para guru mengabdikan diri.

“Teknologi komunikasi ini sangat mempengaruhi karakter masyarakat. Penguatan literasi menjadi ‘penyaring’ bagi para guru dan siswa agar bisa mengambil hal-al positif yang sifatnya membangun ke arah yang lebih baik,” tandasnya.

Deputi Bidang Koordinasi Revolusi Mental, Pemajuan Budaya, dan Peningkatan Prestasi Olahraga Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) Didik Suhardi mengatakan, madrasah atau sekolah agama bisa menjadi sarana dalam melaksanakan revolusi mental.

Pemerintah akan menggandeng Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) untuk melaksanakan revolusi mental di madrasah. Menurutnya, PBNU telah memiliki banyak best practices model dalam pelaksanaan revolusi mental.
EDITOR: DIKI TRIANTO

ARTIKEL LAINNYA