Asean Korea Coopertion Onwards
ASEAN-KOREA Cooperation Upgrade
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Jokowi-PDIP Berseteru untuk Penentuan Jadwal Pemilu, Jerrie Massie: Ini Politik Tarik Ulur, Ganjar atau Puan?

LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Kamis, 14 Oktober 2021, 21:16 WIB
Jokowi-PDIP Berseteru untuk Penentuan Jadwal Pemilu, Jerrie Massie: Ini Politik Tarik Ulur, Ganjar atau Puan?
Presiden Joko Widodo dan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri/Ist
Jadwal hari H Pemilu Serentak 2024 yang dibiarkan menggantung hingga kini disinyalir bukan karena perbedaan pendapat antara Pemerintah Presiden Joko Widodo dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Beberapa pihak berpendapat, jadwal Pemilu yang belum diputuskan lantaran ada perdebatan antara Presiden Jokowi dengan partai penguasa saat ini, yaitu PDI Perjuangan.

Hampir seirama dengan hal tersebut, Direktur Political and Public Policy Studies (P3S), Jerry Massie justru memandang lebih spesifik mengenai penentuan jadwal Pemilu Serentak 2024 mendatang ini.

Menurutnya, jadwal Pemilu hanya instrumen yang digunakan baik Jokowi maupun PDIP untuk menentukan calon presiden (capres) selanjutnya.

"Jadi barangkali ini politik tarik ulur," ujar Jerry kepada Kantor Berita Politik RMOL, Kamis (14/10).

Jerry pun tak memungkiri bahwa hubungan Jokowi dengan PDIP mulai tidak harmonis, khususnya mengenai pencapresan tahun 2024 mendatang.

"Saya mencium ada aroma tak sedap antara keduanya," tuturnya.

Jerry menduga, masalah capres PDIP sudah barang tentu mengedepankan Ketua DPR RI, Puan Maharani yang diketahui merupakan penerus trah Presiden RI Pertama, Ir. Soekarno.

"Sedangkan Jokowi masih dua kaki antara Puan dan Ganjar," tudingnya.

Dari sikap PDIP di DPR RI, Jerry melihat ada kecendrungan yang sangat kuat menolak usulan pemerintah yang ingin Pemilu Serentak digelar 15 Mei, akan tetapi mengikuti usulan KPU yang sudah mensimulasikan tahapan hingga pencoblosan pada 21 Februari 2024.

"Kalau musyawarah dan mufakat pada bulan Febuari bagi saya silakan saja, yang penting memastikan semua berjalan kondusif tanpa ada yang di rugikan," tandas Jerry.
EDITOR: AHMAD SATRYO

ARTIKEL LAINNYA