Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bertandang ke Ternate, Ganjar Pranowo Susuri Jejak Bung Karno di Keraton Ternate

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Sabtu, 16 Oktober 2021, 21:32 WIB
Bertandang ke Ternate, Ganjar Pranowo Susuri Jejak Bung Karno di Keraton Ternate
Ganjar Pranowo mengunjungi Keraton Ternate/RMOL
rmol news logo Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mendampingi kafilah Seleksi Tilawatil Quran Jawa Tengah yang akan tampil di STQ Nasional ke XXVI, Maluku Utara. Ganjar hadir dengan didampingi sang istri, Siti Atiqoh.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Di sela kegiatan di Ternate, Ganjar menyempatkan menelusuri jejak Presiden Soekarno di Keraton Ternate. Di sana, mereka bercengkrama dengan Pangeran Hidayat Mudaffar Sjah sambil menyeruput kopi rempah.

“Kebesaran Kesultanan Ternate masih sangat terasa hingga saat ini. Bagaimana sebuah kerajaan di masa lalu mampu menguasai 60 teritorial lebih,” kata Ganjar dalam keterangannya, Sabtu (16/10).

Ganjar dibuat takjub saat mengetahui pada keemasannya kekuasaan Kesultanan Ternate mencakup Papua sampai Filipina. Terlebih, perjuangan Kasultanan Ternate bersama seluruh putra-putri bangsa, merebut dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

“Pantas Bung Karno sangat hormat dengan Kesultanan Ternate. Tadi pangeran juga sempat bercerita Bung Karno beberapa kali singgah di Keraton, dan bersahabat dengan Sultan Ternate waktu itu,” katanya.

Kerajaan-kerajaan seperti ini yang ada di seluruh tanah air, kata Ganjar, sudah semestinya bisa dioptimalkan untuk memperkuat kekayaan dan jatidiri bangsa. Baik itu sebagai museum ataupun sebagai warisan kebudayaan.

“Memberikan anggaran saja tidak cukup. Peran pemerintah saja tidak cukup, ini adalah identitas kita bersama, sejarah kita bersama. Maka harus kita optimalkan bersama-sama,” katanya.

Sementara itu, Pangeran Hidayat Mudaffar Sjah mengatakan, pihaknya sangat senang bisa dikunjungi Ganjar Pranowo.

Dia berharap upaya pengoptimalan kerajaan-kerajaan di Indonesia sebagaimana yang diimpikan Ganjar dapat terwujud.

“Senang sekali dikunjungi Pak Ganjar. Apalagi beliau ini dulu kan temannya ayah saya, Sultan Mudaffar Sjah ketika di DPR RI. Senang banget, perhatian beliau luar bisa untuk kami-kami ini," tuturnya.

"Semoga apa yang diimpikan Pak Ganjar tentang Kesultanan atau kerajaan bisa terwujud, yakni peningkatan peran kerajaan-kerajaan di tanah air ditingkatkan,” pungkasnya.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA