Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Nadiem Makarim: Asesmen Nasional adalah Pencapaian Luar Biasa

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Senin, 18 Oktober 2021, 02:16 WIB
Nadiem Makarim: Asesmen Nasional adalah Pencapaian Luar Biasa
Mendikbudristek Nadiem Makarim/Net
rmol news logo Berkat pelaksanaan Asesmen Nasional (AN), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) kini punya instrumen untuk mengukur kualitas pembelajaran di Indonesia.

Menurut Mendikbudristek Nadiem Anwar, kebijakan ini merupakan sebuah pencapaian luar biasa.

“Secara umum saya monitor pelaksanaannya berlangsung dengan prokes yang aman. Saya ucapkan terima kasih kepada berbagai pihak yang telah berupaya agar AN ini berjalan dengan lancar dan baik,” ucap Nadiem melalui keterangannya, Minggu (17/10).

Nadiem lantas berjanji akan terus menyempurnakan mekanisme AN di masa mendatang. Karena menurutnya, saat ini masih banyak yang memahami AN secara kurang tepat.

Nadiem menjelaskan, tidak ada yang perlu dikhawatirkan dari AN. Siswa tak perlu menyiapkan diri seperti mengikuti les tertentu. Karena AN adalah potret kualitas pembelajaran di sekolah yang diambil dari sebagian kecil responden.

“Kita ingin mengetahui kompetensi siswa yang terefleksikan dalam AN (secara apa adanya),” jelas Nadiem.

Lalu, sebagai tindak lanjut dari hasil AN, akan muncul rapor yang berisi rekomendasi sekolah dan guru untuk melakukan perbaikan dalam pembeljarannya. Hasil tersebut juga diketahui pemda setempat dengan maksud agar sekolah dan pemda bersinergi menciptakan perubahan pembelajaran.

“Hal-hal yang diukur dan menjadi rekomendasi berkaitan dengan literasi, numerasi dan penguatan karakter siswa,” tandasnya.

Setiap jenjang pendidikan melaksanakan Asesmen nasional berbasis Komputer (ANBK) memiliki jadwal pelaksanaan sendiri. Mulai 20-23 September 2021 untuk SMA/MAK/Paket C sederajat hingga 15-18 November 2021 untuk SD/MI/Paket A dan sederajat. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA