Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dukung Transformasi Digital ASEAN, Menkominfo Tekankan 4 Pandangan Ini di Pertemuan Menteri Dewan MEA

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Senin, 18 Oktober 2021, 20:36 WIB
Dukung Transformasi Digital ASEAN, Menkominfo Tekankan 4 Pandangan Ini di Pertemuan Menteri Dewan MEA
Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. Plate dalam Pertemuan Menteri Dewan MEA ke-20 yang digelar virtual, Senin, 18 Oktober/Ist
rmol news logo Transformasi Digital menjadi perhatian Dewan Masyarakat Ekonomi ASEAN (ASEAN Economic Community/AEC Council Meeting).

Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. Plate menyatakan, Pemerintah Indonesia menekankan empat pandangan guna mempercepat transformasi digital untuk mewujudkan komunitas digital ASEAN.

Johnny menyebutkan, pandangan yang dimiliki Indonesia merupakan wujud dukungan terhadap penyusunan ASEAN Leaders’ Statement on Digital Transformation yang diinisiasi oleh Brunei Darussalam selaku chairmanship ASEAN tahun ini.

"Indonesia juga telah menyampaikan beberapa poin pandangan dan posisinya terhadap isu-isu terkait transformasi digital," ujar Johnny usai mengikuti Pertemuan Tingkat Menteri Dewan MEA ke-20 yang digelar virtual, Senin (18/10).

Johnny merinci pandangan Pemerintah Indonesia dalam forum itu. Pertama, mengenai Peta Jalan Indonesia Digital 2021-2024 sebagai panduan strategis mewujudkan transformasi digital nasional.

"Pemerintah Indonesia telah menyusun Peta Jalan Indonesia Digital 2021-2024 sebagai dokumen panduan strategis demi mewujudkan transformasi digital nasional yang cepat, kuat, dan merata," katanya.

Kemudian yang kedua, Pemerintah Indonesia terus mendorong penyediaan konektivitas yang memadai dan merata guna  menutup kesenjangan digital dan meningkatkan rasio keterhubungan internet antarwilayah.

"Akses merata terhadap layanan telekomunikasi yang berkualitas merupakan prasyarat utama dalam mewujudkan transformasi digital," ucapnya.

Ketiga, Pemerintah Indonesia menekankan bahwa peningkatan nilai dan pemanfaatan data dalam kehidupan sehari-hari harus selalu memperhatikan prinsip-prinsip kedaulatan data.

"Hal tersebut dapat didorong melalui kerangka yang secara spesifik mengatur tentang arus data lintas batas negara yang turut menjamin pelindungan data pribadi," tutur Menteri Johnny.

Keempat, Menkominfo menegaskan peran Indonesia sebagai presidensi pada Forum G20 di tahun 2022 mendatang. Menurutnya, Pemerintah Indonesia akan mengangkat tema "Recover Together, Recover Stronger.

"Tema ini menggarisbawahi kerja bersama kita dalam membangun momentum pemulihan sekaligus memperkuat ketangguhan melawan pandemi Covid-19 secara jangka panjang melalui peningkatan pemanfaatan teknologi digital," demikian Johnny. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA