Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ganjar Pranowo: Seperti Kata Pak Jokowi, Pembangunan Indonesia Harus Berorientasi Kepulauan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Rabu, 20 Oktober 2021, 17:51 WIB
Ganjar Pranowo: Seperti Kata Pak Jokowi, Pembangunan Indonesia Harus Berorientasi Kepulauan
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (kiri) saat kunjungan kerja ke Ternate, Maluku Utara/RMOL
rmol news logo Cara pandang pembangunan Indonesia harus berorientasi pembangunan kepulauan atau archipelagic oriented. Hal ini, sejalan dengan cita-cita Presiden Joko Widodo untuk membangun Indonesia dari daerah terluar.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Begitu disampaikan Gubenur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat bertemu dengan Wali Kota Ternate M. Tauhid Suleman, beberapa waktu lalu di Ternate, Maluku Utara.

“Pak Jokowi mengatakan membangun Indonesia dari pinggiran. Itu mestinya, salah satunya dari wilayah timur termasuk Ternate,” kata Ganjar dalam keterangannya, Rabu (20/10).

Ganjar mencontohkan, orang dari Ternate, jika ke Sofifi, harus menggunakan akses laut. Hal tersebut juga berlaku jika warga Ternate akan bepergian ke daerah lainnya.

“Sebab itu, mindset kita harus diubah kearah archipelagic oriented,” ujarnya.

Sementara itu, Wali Kota Ternate M. Tauhid Soleman mengamini apa yang disampaikan Ganjar. Menurutnya, pembangunan berorientasi kepulauan memang harus dilakukan demi pemerataan.

Tauhid juga membahas terkait dengan RUU Daerah Kepulauan, yang diperjuangakan oleh 8 provinsi di Indonesia yang bercirikan kepulauan. RUU tersebut kini sedang didorong di DPR untuk menjadi UU Daerah Kepulauan.

“Semangatnya adalah berkeinginan RUU Daerah Kepulauan menjadi UU Daerah Kepulauan, (namun) masih banyak hambatan-hambatan,” pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA