Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Indonesia Komitmen Perkuat Kerja Sama Penanganan Dampak Perubahan Iklim

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jamaludin-akmal-1'>JAMALUDIN AKMAL</a>
LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Kamis, 21 Oktober 2021, 11:25 WIB
Indonesia Komitmen Perkuat Kerja Sama Penanganan Dampak Perubahan Iklim
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto/Net
rmol news logo Indonesia berkomitmen untuk mendorong kerja sama dengan Uni Eropa dalam memperkuat ambisi penanganan dampak perubahan iklim di Indonesia.

Penegeasan itu disampaikan saat Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto menghadiri pertemuan dengan Executive Vice-President of the European Commission, H.E. Mr. Frans Timmermans di Jakarta (19/10), dalam rangka membahas prioritas dan posisi/kebijakan Indonesia di COP26 Glasgow.

Menurutnya, kerja sama global penting dilakukan untuk memastikan aspek ketersediaan dan keterjangkauan dalam pengembangan energi baru dan terbarukan.

Ketua Umum Partai Golkar itu menekankan bahwa Indonesia sebagai negara kepulauan memiliki sumber daya yang mampu memberikan banyak kontribusi pada penanganan dampak perubahan iklim global.

“Peningkatan kemitraan dan kerja sama global penting dilakukan untuk meningkatkan kapasitas adaptasi dan ketahanan, terutama bagi negara yang rentan terhadap dampak perubahan iklim,” ujar Airlangga.

Soal Teknologi, Airlangga memastikan bahwa Indonesia sudah siap untuk melangkah lebih dari energi baterai. Indonesia siap untuk mengembangkan tekonologi hydrogan sebagai bentuk komitmen pengurangan emisi serta adaptasi terhadap dampak perubahan iklim.

“Oleh karena itu, diperlukan kolaborasi global yang konkrit untuk mencapai tujuan ini,” urainya.

Airlangga menekankan bahwa Indonesia akan terus berkomitmen untuk melakukan kerja sama global dalam menghadapi masalah perubahan iklim.

Pemerintah Indonesia juga akan mulai menerapkan pajak karbon atas emisi karbon pada tahun 2022 seiring dengan disahkannya UU Harmonisasi Peraturan Pajak (UU HPP).

“Penerapan pajak karbon ini juga merupakan komitmen Indonesia untuk menangani perubahan iklim global.” tutupnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA