Selamat Idul Fitri
Selamat Idul Fitri Mobile
Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Hari Santri, Erick Thohir Ingin Indonesia Jadi Pemain Industri Halal dan Ekonomi Syariah Dunia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Jumat, 22 Oktober 2021, 10:34 WIB
Hari Santri, Erick Thohir Ingin Indonesia Jadi Pemain Industri Halal dan Ekonomi Syariah Dunia
Ketua Umum Pengurus Pusat Masyarakat Ekonomi Syariah (MES), Erick Thohir dalam acara Peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2021 dan Peluncuran Logo Baru Masyarakat Ekonomi Syariah/Repro
rmol news logo Indonesia sebagai negara berpenduduk muslim terbesar di dunia harus bisa memanfaatkan industri halal dan ekonomi syariah untuk terus mendunia.

Indonesia diharapkan bisa menjadi pemain dalam industri halal dan ekonomi syariah di dunia Internasional.

"Sebagai negara muslim terbesar, kita ingin industri halal dan ekonomi syariah jadi pemain yang bisa menyeimbangkan, yang selama ini ada di negara lain," kata Ketua Umum Pengurus Pusat Masyarakat Ekonomi Syariah (MES), Erick Thohir saat memberi sambutan di acara 'Peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2021 dan Peluncuran Logo Baru Masyarakat Ekonomi Syariah' di Istana Negara, Jumat (22/10).

Di Hari Santri Nasional yang jatuh hari ini, MES menginisiasi acara Islamic Finance Summit 2021 dengan tema "Driving The Grouth of The Halal Industri in New Normal Economy" untuk mewujudkan cita-cita menguasai industri halal dan ekonomi syariah di tingkat internasional.

Erick menambahkan, sesuai arahan Presiden Joko Widodo untuk meningkatkan industri jasa keuangan syariah, MES terus bergerak memajukan keseimbangan ekonomi sebagaimana selalu digaungkan pemerintah.

"Karena itu Pak Presiden, kita bisa lihat sekarang dengan adanya fokus pada pengembangan ekonomi syariah, salah satu indikasinya pertumbuhan ekonomi syariah di bawah Bank Syariah Indonesia (BSI) lebih tinggi dibandingkan Bank Himbara," ungkapnya.

Atas dasar itu, Erick yang juga menjabat sebagai Menteri BUMN ini mengusulkan terobosan sistem bagi hasil dalam rangka memajukan industri halal dan ekonomi keuangan syariah. Ia berharap, Presiden Jokowi berkenan untuk menerima usulannya tersebut.

"Dan bila berkenan, kami ingin ada dukungan tentu Gubernur BI dan Menkeu agar bergeraknya ekonomi syariah ini bermanfaat untuk pengusaha-pengusaha yang memang selama ini jadi bagian penting untuk keseimbangan ekonomi ini," demikian Erick Thohir.

Acara tersebut turut dihadiri Presiden Joko Widodo, Wakil Presiden yang juga Ketua Dewan Pembina MES, Maruf Amin.

Kemudian, Ketua BPK yang juga Anggota Dewan Pembina MES, Agung Firman Sampurna; Gubenur BI yang juga Ketua Dewan Pakar MES, Perry Warjiyo; Menko Polhukam sekaligus Dewan Penggerak MES, Mahfud MD; Menag Yaqut Cholil Qoumas, para menteri Kabinet Indonesia Maju, perwakilannya PBNU dan PP Muhammadiyah, serta santri dan pengurus MES lainnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA