Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Di Hadapan Jokowi, Erick Thohir Uraikan Kontribusi MES untuk Santri dan Ekonomi Indonesia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Jumat, 22 Oktober 2021, 14:27 WIB
Di Hadapan Jokowi, Erick Thohir Uraikan Kontribusi MES untuk Santri dan Ekonomi Indonesia
Ketua Umum MES sekaligus Menteri BUMN Erick Thohir/Repro
rmol news logo Pada momentum Hari Santri Nasional, Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) semakin fokus pada pengembangan ekonomi syariah.

Salah satu indikasinya, yakni pertumbuhan daripada ekonomi syariah di bawah Bank Syariah Indonesia (BSI) itu lebih tinggi dibandingkan Bank Himbara.

"Ini merupakan kesempatan yang luar biasa. Dan kita juga terus mendorong progam-program yang memang mendukung pesantren dan santri untuk juga berkembang di ekonominya," kata Ketua Umum MES sekaligus Menteri BUMN Erick Thohir saat memberikan sambutan dalam acara "Peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2021 dan Peluncuran Logo Baru Masyarakat Ekonomi Syariah" di Istana Negara, pada Jumat siang (22/10).

Erick mengurai beberapa hal yang terus dilakukan MES untuk pesantren dan santri di seluruh pelosok negeri dalam memajukan ekonominya. Antara lain bersama Bank Indonesia (BI), MES menginisiasi Indonesia Internasional Halal Fair.

"Jadi ini adalah sesuatu yang kita perlihatkan kepada dunia kita juga mempunyai produk-produk halal yang unggulan dengan merek-merek lokal brand," tuturnya.

Selain itu, MES juga bekerjasama dengan PT Pertamina pengembangan Pertashop kita gaungkan ada 10.000 Pertashop, tetapi 2000 Pertashop itu dikhususkan untuk pesantren dan santri.

"Sehingga mereka menjadi bagian keseimbangan ekonomi yang diharapkan Bapak Presiden," katanya.

"Dan Alhamdulillah hari ini sudah ada 323 pesantren dan santri yang dapat tentu dari berbagai kalangan. Ada dari Anshor, Pemuda Muhammadiyah, pesantren juga kita dapatkan," imbuhnya.

Atas dasar itu, Erick berharap, Presiden Jokowi memberikan dukungan penuh terhadap kiprah MES dalam memajukan perekonomian nasional dan keuangan syariah di Indonesia.

"Ini menjadi bagian daripada Hari Santri Nasional ini bisa memperlihatkan peran daripada intervensi pemerintah, keberpihakan pemerintah kepada kami, tidak proteksi, ini memang sesuai dengan market, tapi intervensi dan keberpihakannya bisa mendapatkan dukungan," tuturnya.

"Terimakasih Bapak Wakil Presiden yang selama ini terus memberi arahan dan tentu Bapak Presiden yang hari ini bisa berkenan hadir di acara MES," demikian Erick Thohir. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA