Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

PCR jadi Syarat Penerbangan, Relawan Jokowi Pertanyakan Program Vaksinasi Pemerintah

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Minggu, 24 Oktober 2021, 05:31 WIB
PCR jadi Syarat Penerbangan, Relawan Jokowi Pertanyakan Program Vaksinasi Pemerintah
Penumpang pesawat/Net
rmol news logo Relawan Jokowi, Pro Jokowi (Projo) mempertanyakan diwajibkannya tes PCR sebagai syarat penerbangan. Pasalnya, saat ini pemerintah gencar melakukan vaksinasi Covid-19

"Projo aktif melakukan percepatan dan perluasan vaksinasi gratis untuk rakyat. Tapi kami kecewa dengan kewajiban tes PCR," kata Ketua Satgas Gerakan Nasional Percepatan Vaksinasi Covid-19 DPP Projo, Panel Barus dalam keterangan tertulis, Sabtu (23/10).

Menurutnya, banyak masyarakat yang mempertanyakan soal efektifitas tes PCR jika dikaitkan dengan vaksinasi. Kemudian status vaksinasi pun bisa diakses melalui aplikasi PeduliLindungi.

"Mereka bertanya, kalau sudah divaksin kok masih harus tes PCR. Satgas Covid-19 harus bertindak cepat," ujar Panel Barus.

Panel merasa, bukti telah divaksin di PeduliLindungi sudah cukup bagi masyarakat. Tidak perlu diperberat dengan PCR yang biayanya tidak bisa dibilang murah.

Pemerintah sebelumnya mengeluarkan kebijakan tes PCR 2x24 jam sebagai salah satu syarat penerbangan.

Menurut Jubir Satgas Penanganan Covid-19, Prof Wiku Adisasmito tes PCR digunakan karena merupakan metode testing yang paling sensitif.

Wiku mengatakan syarat tes PCR diberlakukan mengingat tidak lagi diterapkannya seat distancing di dalam pesawat, sehingga diperlukan adanya screening test yang lebih akurat.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA