Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Firli Bahuri: Alih Status Rampung, Kini Pegawai KPK Harus Memainkan 3 Peran Sekaligus

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jamaludin-akmal-1'>JAMALUDIN AKMAL</a>
LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Senin, 25 Oktober 2021, 12:31 WIB
Firli Bahuri: Alih Status Rampung, Kini Pegawai KPK Harus Memainkan 3 Peran Sekaligus
Ketua KPK Firli Bahuri bersama Menteri PAN RB Tjahjo Kumolo berfoto bersama saat penutupan rangkaian orientasi pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)/Net
rmol news logo Penyelenggaraan rangkaian orientasi pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) resmi ditutup hari ini, Senin (25/10).

Penutupan orientasi pegawai ASN di KPK secara resmi dihadiri oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Tjahjo Kumolo; Ketua KPK, Firli Bahuri; dan Kepala Lembaga Administrasi Negara (LAN), Adi Suryanto; dan diikuti oleh seluruh pegawai KPK secara virtual maupun langsung di Gedung LAN Veteran, Jakarta.

Ketua KPK, Firli Bahuri dalam sambutannya mengatakan, sesuai dengan amanat UU, KPK telah menyelesaikan rangkaian alih status pegawai KPK menjadi ASN sebelum tenggat pada 16 Oktober 2021.

Proses pengalihan pegawai kata Firli, telah selesai pada 30 September 2021 yang ditandai dengan pelantikan 18 orang pegawai yang mengikuti Diklat Bela Negara dan Wawasan Kebangsaan dan pelantikan 2 orang pegawai yang mengikuti Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) susulan pada 8 Oktober 2021.

"Penutupan orientasi ini juga menandai bahwa sebagai ASN, pegawai KPK harus memainkan 3 peran sekaligus yaitu sebagai pelaksana kebijakan, pelayanan publik, perekat dan pemersatu bangsa," ujar Firli dalam sambutannya, Senin siang (25/10).

Sementara itu, Menteri PAN-RB, Tjahjo Kumolo mengatakan, dengan masuknya KPK dan juga BUMN dalam lingkup ASN diharapkan semakin menambah kekuatan bagi pelayan publik untuk menghadapi tantangan bangsa saat ini diantaranya korupsi, pandemi Covid-19, narkoba dan bencana alam.

"Saya menutup secara resmi pelaksanaan orientasi pegawai ASN di lingkungan KPK, kami berharap semua pegawai KPK mari bersama-sama menjaga komitmen dan tanggung jawab kita sebagai ASN," kata Tjahjo.

Orientasi pegawai ASN KPK telah berlangsung sejak 16 Juni hingga 24 Oktober 2021 yang diikuti oleh 1.289 pegawai.

Program orientasi ASN pegawai KPK dilaksanakan dalam 17 batch. Metode pelaksanaannya memadukan tatap muka daring, tatap muka luring, dan e-learning.

Pada penutupan orientasi pegawai ASN KPK ini terpilih tiga peserta terbaik dari masing-masing program, yaitu Siddig Alamsyah (Program 1), Raden Roro Suryawulan (Program 2), dan Chrystelina GS (Program 3). rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA