Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Elektabilitas Ganjar, Prabowo, Anies di Atas 10 Persen, Begini Penentu Potensinya di Pilpres 2024

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Senin, 25 Oktober 2021, 14:57 WIB
Elektabilitas Ganjar, Prabowo, Anies di Atas 10 Persen, Begini Penentu Potensinya di Pilpres 2024
Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia Hanta Yuda/Repro
rmol news logo Elektabilitas Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memiliki tingkat elektabilitas di atas tokoh lain yang digadang bakal maju pada Pilpres 2024 mendatang.

Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia Hanta Yuda mengatakan, dalam simulasi 15 nama Calon Presiden (Capres) 2024, Ganjar Pranowo memperoleh elektabilitas 22.9 persen, disusul Prabowo Subianto dengan 20.0 persen dan Anies Baswedan 13.5 persen.

"Berdasarkan temuan survei ini, terdapat tiga kandidat yang cukup potensial (Capres 2024) dengan angka elektabilitas di atas 10 persen, yakni Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Anies Baswedan," kata Hanta Yuda saat memaparkan survei terbaru Poltracking Indonesia bertajuk "Evaluasi 2 Tahun Pemerintahan Jokowi-Maruf & Peta Politik Elektoral Pilpres 2024" yang dirilis pada Senin siang (25/10).

Namun begitu, kata Hanta Yuda, tingkat elektabilitas ketiga tokoh yang potensial menjadi Capres di Pemilu nanti itu masih bisa berubah seiring dinamika politik Tanah Air yang terjadi menjelang 2024.
 
"Mengingat, pelaksanaan Pilpres masih cukup jauh hingga tahun 2024, sangat mungkin terjadi berbagai dinamika, peristiwa, dan momentum politik yang berpotensi mengubah peta politik elektoral ke depan," katanya.

Ganjar, Prabowo, dan Anies diketahui menemapati tiga besar tokoh top of mine sebagai Capres potensial di 2024.

Sementara itu, di urutan keempat ada nama Gubenur Jawa Barat Ridwan Kamil dengan 2.4 persen, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa 2.1 persen.

Kemudian, ada Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno 1.7 persen, Ketua DPR RI Puan Maharani 1.5 persen, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono 1.3 persen, dan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dengan 0.5 persen.

Selanjutnya, ada mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo 0.4 persen, KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa 0.3 persen, Menko Polhukam Mahfud MD 0.3 persen, Menteri BUMN Erick Thohir 0.2 persen dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar 0.2 persen.

Survei secara tatap muka langsung yang digelar pada medio 3-10 Oktober 2021 ini menggunakan metode multistage random sampling dengan 1220 responden dan margin of error (MoE) kurang lebih 2.8 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA