Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

LRT Kecelakaan, Ketua DPR: Keamanan dan Keselamatan Bertransportasi Publik adalah Hak Masyarakat

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Selasa, 26 Oktober 2021, 14:11 WIB
LRT Kecelakaan, Ketua DPR: Keamanan dan Keselamatan Bertransportasi Publik adalah Hak Masyarakat
Ketua DPR RI Puan Maharani/Net
rmol news logo Dua insiden kecelakaan transportasi publik Lintas Rel Terpadu (LRT) Jabodetabek dan Bus Transjakarta di Jakarta pada Senin kemarin (25/10), disayangkan Ketua DPR RI Puan Maharani.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Puan meminta aparat terkait melakukan investigasi menyeluruh untuk mengetahui penyebab kecelakaan yang terjadi.

"Keamanan dan keselamatan bertransportasi publik adalah hak masyarakat. Oleh karenanya, masyarakat harus megetahui penyebab kecelakaan," ujar Puan kepada wartawan Selasa (26/10).

Selain itu, Puan juga meminta regulator maupun operator transportasi publik terkait bisa memulihkan dan menjaga kepercayaan masyarakat terhadap transportasi publik.

Perempuan pertama yang menjabat Ketua DPR ini mengatakan, menjaga kepercayaan publik ini penting dilakukan, terkhusus untuk LRT Jabodetabek yang merupakan moda transportasi baru dan sayangnya mengalami kecelakaan saat diujicobakan oleh BUMN.

"Salah satu fungsi BUMN adalah menyelenggarakan kemanfaatan umum. Karenannya, kemanfaatan LRT Jabodetabek ini harus bisa dirasakan masyarakat setelah kepercayaan masyarakat terhadap moda transportasi baru ini dipulihkan dan dijaga," kata Puan.

"Antusiasme dan kepercayaan masyarakat terhadap LRT Jabodetabek jangan sampai layu sebelum berkembang hanya karena satu kecelakaan saat uji coba," tegasnya menambahkan.

Mantan Menko PMK ini melihat tidak ada cara lain untuk memulihkan kepercayaan masyarakat terhadap transportasi publik, selain terus meningkatkan keselamatan dan keamanan warga negara sebagai pengguna.

"Targetnya harus zero accident. Apalagi LRT mempunyai jalur sendiri dan digembar-gemborkan menggunakan sistem dan teknologi canggih," katanya.

Karena itu, Puan mendorong agar kepercayaan masyarakat terhadap LRT Jabodetabek terus dijaga, mengingat moda transportasi yang akan resmi beroperasi pertengahan tahun depan ini cukup diandalkan untuk mengurangi beban kemacetan Jakarta.

"LRT Jabodetabek harus bisa mendorong pengguna kendaraaan pribadi, khususnya warga komuter, untuk menggunakan transportasi massal yang jauh lebih efektif ini," ujarnya.

Selain itu, menurut Puan, LRT Jabodebatek harus bisa menjadi kebanggaan Indonesia, karena merupakan hasil karya anak bangsa melalui kerjasama empat BUMN.

"Pemerintah dan operator LRT harus mengubah rasa khawatir dan cemas masyarakat menjadi rasa bangga bertransportasi dengan karya anak bangsa," demikian Puan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA