Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Adi Prayitno: Koalisi Reuni Pecahan Golkar Mungkin Saja Terbentuk di 2024

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Selasa, 26 Oktober 2021, 19:59 WIB
Adi Prayitno: Koalisi Reuni Pecahan Golkar Mungkin Saja Terbentuk di 2024
Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno/Net
rmol news logo Sangat mungkin Partai Golkar membentuk koalisi reuni bersama partai politik pecahannya pada pemilihan presiden (Pilpres) 2024. Partai politik itu adalah Partai Nasdem, Gerindra, Hanura, Berkarya dan Perindo.

"Kalau bicara perluang tentu sangat mungkin," ujar Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno kepada Kantor Berita Politik RMOL, Senin (26/10).

Tetapi, kata Adi, akan panjang diskusi panjang diantara partai politik itu untuk benar-benar menjadi satu barisan koalisi bersama Partai Golkar.

"Seringkali koalisi didasarkan pada kepentingan taktis politik pragmatis. Pertimbangan untung dan rugi bagi parpol," katanya.

Salah satu perdebatan yang akan panjang, kata Adi, adalah penentuan siapa calon presiden dan calon wakil presiden yang akan diusung pada Pilpres 2024 tersebut.

Pasalnya, lanjut akademisi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta ini, ada dua ketua umum yang digadang-gadang menjadi calon presiden. Mereka adalah Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

"Misalnya, kalau Golkar koalisi dengan Gerindra, apa yang bisa didapat secara politik keduanya. Kan begitu," pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA