Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bamsoet hingga Anggota Parlemen Sabet Penghargaan Demokrasi Award 2021

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Rabu, 27 Oktober 2021, 20:16 WIB
Bamsoet hingga Anggota Parlemen Sabet Penghargaan Demokrasi Award 2021
Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo dalam acara Demokrasi Award 2021/Repro
rmol news logo Sejumlah tokoh politik aktif di parlemen menerima penghargaan karena dinilai telah memberikan kontribusi cukup signifikan terhadap pembangunan demokrasi di Indonesia.

Ajang penghargaan ini digelar media teropongsenayan.com untuk kedua kalinya yang dirancang sebagai fungsi kontrol terhadap proses demokrasi yang dijalankan para pemangku kebijakan, baik itu Eksekutif, Legislatif maupun Yudikatif.

Pimpinan Redaksi (Pimred) teropongsenayan.com, Rihad Wiranto mengatakan, dalam ajang penghargaan ini ada sejumlah nama tokoh politik yang dianggap memiliki kontribusi cukup signifikan terhadap pembangunan demokrasi di Indonesia, setidaknya berdasarkan hasil kajian pihaknya dan tim dewan juri.

"Tentunya, pemberian award ini sudah melalui proses penilaian dan verifikasi yang dilakukan tim dewan juri secara kredible dan memadai dengan sejumlah indikator yang relevan," kata Rihad saat memberikan sambutan di acara TDA 2021 yang digelar virtual, Rabu (27/10).

Rihad menuturkan, ajang penghargaan yang digelarnya juga didesign sebagai upaya memastikan bahwa proses demokrasi di tengah situasi dan kondisi pandemi saat ini berjalan baik.

"Bukti bahwa Demokrasi kita masih bergeliat yaitu masih adanya orang-orang baik itu di eksekutif maupun legislatif yang tetap konsisten memperhatikan kepentingan publik secara luas dalam kondisi apapun seperti saat ini," kata Rihad.

Dalam penghargaan ini, dibuat sejumlah kategori penghargaan. Seperti kategori National Figure's yang indikatornya adalah sebagai sosok yang mempersatukan perbedaan, pandai berdialog dengan masyarakat (populis), dan peduli terhadap minoritas, yang akhirnya dinobatkan kepada Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo.

Selain itu, ada kategori Best Freedom of Speech. SOsok yang dianugerahi lantaran kritis menyuarakan kebebasan berpendapat, mendorong penguatan literasi, dan mendorong kebebasan pers.

Tokoh yang diberikan kategori ini antara lain Anggota Komisi IV Fraksi Demokrat DPR RI Bambang Purwanto, Anggota Komisi II Fraksi Demokrat DPR RI Anwar Hafid, Anggota Komisi I Fraksi Golkar DPR RI Bobby Adhityo Rizaldi, dan Anggota Komisi VI Fraksi Demokrat DPR RI Herman Khaeron.

Kemudian ada kategori Hope of Democracy. Tokoh yang memperoleh kategori ini karena dianggap sebagai sosok yang menjadi harapan masyarakat di lingkungan legislatif, mendengar dan memperjuangkan aspirasi rakyat untuk kesejahteraan umum, serta aspiratif dan komunikatif terhadap masyarakat luas.

Mereka di antaranya Awakil Ketua Komisi III Fraksi Golkar Adies Kadir, Anggota Komisi IX Fraksi PAN Achmad Hafisz Tohir, Anggota Komisi XI Fraksi PAN Ahmad Najib Qodratullah, Anggota Komisi IX Fraksi PPP Anas Thahir, Anggota Komisi III Fraksi Golkar Sari Yuliati, dan Anggota Komisi XI Fraksi Golkar Puteri Anetta Komarudin.

Kemudian dalam kategori keempat Rising Star of Democracy, sejumlah tokoh menerima penghargaan lantaran dianggap membawa inspirasi perubahan untuk masa depan, mendorong budaya demokasi yang sehat, dan memiliki program atau terobosan guna mewujudkan perubahan nyata bagi demokrasi Indonesia.

Mereka di antaranya ada Waketum MPR RI Fraksi Demokrat Sjarifuddin Hasan, Wakil Ketua Komisi XI Fraksi PPP M. Amir Uskara, dan Anggota Komisi I Fraksi PKS Jazuli Juwaini.

Adapaun kategori terakhir yaitu Voice of Democracy yang dinilai sebagai sosok yang aktif menyalurkan aspirasi rakyat di parlemen, memiliki hubungan yang baik dengan media, terbuka atas informasi, dan tanggap atas isu isu aktual di daerah.

Mereka di antaranya Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaini dan Ketua Fraksi PPP M. Amir Uskara. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA