Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Survei IDM: Penegakan Hukum Era Jokowi-Maruf Lebih Baik dibanding Era Jokowi-JK

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Kamis, 04 November 2021, 10:52 WIB
Survei IDM: Penegakan Hukum Era Jokowi-Maruf Lebih Baik dibanding Era Jokowi-JK
Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Maruf Amin/Net
rmol news logo Penegakan hukum dalam dua tahun pemerintahan Jokowi-Maruf Amin mulai menunjukkan sinyal perbaikan.

Bahkan, era Jokowi-Maruf dianggap lebih baik dibandingkan era Jokowi-Jusuf Kalla dalam hal penegakan hukum.

Hal itu terlihat pada survei Indonesia Development Monitoring (IDM) bertema “Evaluasi Publik  terhadap kondisi penegakan hukum di era pemerintahan Jokowi-Maruf Amin“. Survei ni dilakukan pada 4 Oktober sampai 16 Oktober 2021.

"85,7 persen responden menilai kondisi penegakan hukum berjalan sama baik selama dua tahun pemerintahan Jokowi-Maruf, bahkan lebih baik dibandingkan periode Jokowi-Jusuf Kalla," kata Direktur Eksekutif IDM, Fahmi Hafel dalam keterangan tertulisnya, Kamis (4/11).

Ia melanjutkan, publik yang menyatakan penegakan hukum tidak berjalan dengan baik ada 12,1 persen, sedangkan 2,2 persen sisanya tidak memberikan pendapat.

Persepsi dan sikap terhadap lembaga hukum tergambar pada apresiasi publik, baik kepada Kejaksaan Agung, Polri, KPK, dan Mahkamah Agung.

Untuk Kejaksaan Agung, sebanyak 88,6 persen respoden menganggap berkinerja baik dalam penegakan hukum dan pemberantasan korupsi. Kemudian ada Polri dengan 80,2 persen respoden, KPK 67,6 persen dan Mahkamah Agung 52,1 persen.

“Survei ini melibatkan 1.680 responden yang dipilih secara acak. Margin of error survei sebesar 2,4 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen," tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA