Selamat Idul Fitri
Selamat Idul Fitri Mobile
Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Nusron Wahid Acungi Jempol Erick Thohir Selamatkan Garuda dengan Gandeng Emirates Airlines

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/angga-ulung-tranggana-1'>ANGGA ULUNG TRANGGANA</a>
LAPORAN: ANGGA ULUNG TRANGGANA
  • Jumat, 05 November 2021, 14:48 WIB
Nusron Wahid Acungi Jempol Erick Thohir Selamatkan Garuda dengan Gandeng Emirates Airlines
Anggota Komisi VI DPR RI, Nusron Wahid/RMOL
rmol news logo Menteri BUMN Erick Thohir terus melakukan upaya penyelamatan maskapai Garuda Indonesia. Salah satu caraya dengan menggandeng Emirates Airlines.

Upaya Erick Thohir mendapat acungan jempol dari anggota Komisi VI DPR RI Nusron Wahid.

"Harus diakui ini langkah konkret dan tepat. Demi efisiensi, Garuda fokus di penerbangan domestik. Urusan penerbangan kerja sama dengan Emirates," kata Nusron Wahid kepada Kantor Berita Politik RMOL, Jumat siang (5/11).

Meski mengakui strategi orang nomor satu di Kementerian BUMN itu langkah tepat, Politisi Golkar itu tetap mengingatkan Erick bahwa skema tersebut bukanlah yang utama dalam upaya penyelamatan Garuda.

Dalam pandangan mantan Ketua Umum GP Ansor itu, fokus utama penyelamatan Garuda tetap harus melakukan renegosiasi dengan lessor asing, yang beban bunganya mencapai 26 persen.

"Ini mungkin bisnis keuangan dengan bunga tertinggi di dunia. Ini tidak wajar dan tidak masuk akal. Aneh bin ajaib kalau justru dibiarkan dan dilanggengkan," ujarnya.

Karena itu, Nusron meminta dalam skema negosiasinya, selain bunganya tidak mahal, mekanisme pembayaran sebaiknya tidak harus dibayar per bulan.

"Tapi dengan asumsi pesawat terpakai saja. Sebab situasi industri penerbangan dalam situasi Covid pasti terguncang," demikian catatan Nusron.

"Masak pesawat tidak terpakai kita disuruh bayar," tambah Nusron.

Atas dasar itu, menurut Nusron yang harus didorong adalah agar Direksi PT Garuda saat renegosiasi harus keukeuh untuk mengkoreksi skema dan mekanisme pembayaran yang fair dan berkeadilan.

Nusron mengatakan, hal itu penting untuk dijadikan perhatian Direksi Garuda. Sebab, saat ini kondisinya force majure.

Lebih lanjut, Nusron berharap bahwa upaya penyelamatan Garuda tidak berhenti pada kerja sama dengan Emirates. Sebab, langkah itu baru satu tahap saja, itu pun bukan yang utama.

"Yang utama adalah keberhasilan renegosiasi dengan lessor yang ditunggu-tunggui publik dan rakyat. Sebab, itu kunci utamanya dalam penyelamatan Garuda," pungkasnya.

Kementerian BUMN selaku pemegang saham mayoritas terus melebarkan perspektif dan mengkaji berbagai kemungkinan opsi terkait langkah pemulihan di tengah usaha restrukturisasi Garuda Indonesia.

Hal itu bertujuan agar flag carrier maskapai nasional itu bisa fokus pada orientasi bisnis di rute penerbangan domestik.

Penekanan itu disampaikan Menteri BUMN, Erick Thohir usai menyaksikan penandatangan kerjasama antara Garuda Indonesia dengan Emirates di Dubai, UEA, Rabu (3/11).

Bentuk perjanjian itu code sharing. Artinya, pelanggan Garuda tetap bisa menjelajahi rute internasional melalui maskapai Emirates.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA