On The Road of Devoted Service for the People
On The Road of Devoted Service for the People
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Sabar Menanti Jatah Kabinet, Bukti PAN Sudah Lepas dari Bayang-bayang Amien Rais

LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Jumat, 05 November 2021, 15:22 WIB
Sabar Menanti Jatah Kabinet, Bukti PAN Sudah Lepas dari Bayang-bayang Amien Rais
PAN di era kepemimpinan Zulkifli Hasan dari lebih lunak pada Pemerintahan Presiden Joko Widodo/Net
Partai Amanat Nasional (PAN) nampaknya masih memiliki kesabaran lebih untuk menunggu kursi kabinet dari Presiden Joko Widodo usai diumumkan sebagai anggota baru koalisi pemerintah.

Hal tersebut menjadi keyakinan Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno. Bagi dia, tentu ada kalkulasi yang matang untuk memutuskan bergabung dengan koalisi dan menunggu jatah kursi kabinet.

"Tentunya PAN punya kalkulasi rasional soal sikapnya yang terus bertahan meski sampai saat ini belum dapat jatah menteri," ujar Adi Prayitno kepada Kantor Berita Politik RMOL, Jumat (5/11).

Pertimbangan itu, kata Adi, untuk membuktikan PAN era kepemimpinan Zulkifli Hasan sudah lebih lembut pada pemerintah. Terlebih, setelah pendiri PAN yang terkenal kritis pada pemerintah, Amien Rais memilih hengkang dan membentuk partai politik baru.

"Kesan yang ingin disampaikan ke publik bahwa PAN berbeda dengan saat masih ada Amien Rais yang garang ke pemerintah, yang dalam banyak hal merugikan perolehan suara PAN," terangnya.

Menurutnya, penantian kursi kabinet ini yang dimanfaatkan Zulkifli Hasan sebagai momentum untuk membuktikan PAN saat ini sudah lepas dari bayang-bayang Amien Rais.

"PAN saat ini adalah PAN era Zulhas yang sejak awal dekat dengan Jokowi. Ini fase transisi PAN yang ingin melepaskan diri dari bayang-bayang Amien," pungkasnya.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA