Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Paling Kuat, Hanya PDIP yang Bisa Usung Capres-Cawapres Sekaligus Tanpa Bantuan Parpol Lain

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Sabtu, 06 November 2021, 08:37 WIB
Paling Kuat, Hanya PDIP yang Bisa Usung Capres-Cawapres Sekaligus Tanpa Bantuan Parpol Lain
Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Megawati Soekarnoputri/Repro
rmol news logo Meski belum dipastikan siapa yang akan bertarung, namun peta kendaraan politik menuju Pemilihan Presiden 2024 sudah bisa dilihat dari sekarang.

Saat ini Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menjadi satu-satunya partai politik yang bisa mencalonkan presiden dan calon wakil presiden tanpa harus berkoalisi dengan parpol lain.

"Yang bisa mencalonkan pasangan hanya partai politik atau koalisi partai politik hasil Pemilu 2019 yang mendapat kursi 20 persen di DPR atau 25 persen suara pemilih nasional. Yang memenuhi syarat itu hanya PDIP," kata pendiri Saiful Mujani Reseach and Consulting (SMRC), Saiful Mujani dikutip dari akun Twitternya, Sabtu (6/11).

Selain PDIP, koalisi adalah harga mati bagi parpol lain jika ingin mengusung capres maupun cawapres. Hal ini karena tak ada parpol selain PDIP yang memenuhi ambang batas pencalonan presiden atau presidential threshold.

"Partai-partai lain harus koalisi," katanya.

Untuk PDIP sendiri, saat ini sudah muncul beberapa nama yang dikait-kaitkan dengan Pilpres 2024. Mulai dari ketua DPP PDIP, Puan Maharani hingga Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Namun hingga kini partai pimpinan Megawati Soekarnoputri itu belum final menentukan satu nama, baik Puan Maharani, Ganjar, maupun nama lain. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA