Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Peta Pilpres 2024 versi SMRC: Prabowo-Puan Berduel dengan AHY-Airlangga

LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Sabtu, 06 November 2021, 17:06 WIB
Peta Pilpres 2024 versi SMRC: Prabowo-Puan Berduel dengan AHY-Airlangga
Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto, dan Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono/Net
Tokoh urutan teratas yang berpotensi berduel pada pemilihan presiden (pilpres) tahun 2024, berdasarkan hasil survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC), berasal dari generasi muda dan senior.

Pendiri Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC), Saiful Mujani mengatakan, pihaknya mendapati kebanyakan publik menginginkan Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto, dan Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), sebagai capres 2024.

Menurutnya, Prabowo dan politikus muda yang kerap disapa AHY itu, tidak menutup kemungkinan akan menjadi rival di Pemilu 2024 nanti. Pertanyaan selanjutnya, siapa cawapres yang bakal mendampingi Prabowo maupun AHY?

Saiful Mujani menilai, kemungkinan Prabowo akan berpasangan dengan Puan Maharani, lalu AHY akan berpasangan dengan Airlangga Hartarto.

"Prabowo-Puan vs AHY-Airlangga? dilihat dari kursi mereka di DPR sudah cukup," kata Saiful Mujani dalam postingan akun Twitter pribadinya @Saiful_Mujani, Sabtu (6/11).

Sementara itu, capres dari unsur Ketum Parpol seperti Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin, dinilai masih sangat jauh untuk mengejar elektabilitas Prabowo maupun AHY.

"Partai lain? mencalonkan Muhaimin? mungkin, tapi belum terlihat tanda-tanda. Belum terlihat gejala Muhaimin bisa unggul atas Prabowo maupun AHY. Lalu? tidak ada lagi ketua partai yang bisa diandalkan," katanya.

Atas dasar itu, Guru Besar Ilmu Politik UIN Syarif Hidayatullah Jakarta  ini menilai, dalam kondisi stok capres unsur Ketum Parpol sudah tidak ada lagi yang kompetitif. Maka, jalan keluarnya hanya dua yakni gabung dengan AHY atau Prabowo.

"Atau cari alternatif di luar petinggi partai. Siapa?" tandasnya.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA