Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Berusia Satu Dekade, Nasdem Gaungkan Aksi Peduli Lingkungan

LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Senin, 08 November 2021, 21:50 WIB
Berusia Satu Dekade, Nasdem Gaungkan Aksi Peduli Lingkungan
Aksi penanaman Mangrove oleh DPP Partai Nasdem/Ist
Rasa kepedulian terhadap lingkungan perlu ditumbuhkan masyarakat secara berkelanjutan di tengah perubahan iklim dunia yang tak menentu.

Berangkat dari hal itu, Ketua Bidang Lingkungan Hidup DPP Partai Nasdem, Lusyani Suwandi, mengajak seluruh komponen untuk lebih peduli pada keberlangsungan lingkungan hidup.

Salah satu yang ia contohkan adalah soal sampah. Sejauh ini, sampah masih menjadi salah satu masalah yang belum bisa diatasi di banyak daerah.

“Kami mengajak kader dan masyarakat merayakan 10 tahun Nasdem dengan berbuat sesuatu. Bisa dengan membersihkan lingkungan, membersihkan pantai karena kalau pantai itu bersih, maka jiwa dan hati ikut bersih,” kata Lusy dalam keterangannya, Senin (8/11).

Dalam perayaan 10 tahun Nasdem, ia melihat banyak kader yang sudah mulai menumbuhkan kesadaran tentang pentingnya lingkungan. Bahkan banyak kader yang rela berjalan puluhan kilometer untuk memungut sampah di sepanjang pantai dan menanam bibit mangrove demi mengurangi risiko abrasi.

Salah satunya melalui gerakan menyusuri Sungai Tuntang di pusat Kabupaten Demak yang dibuat komunitas Sahabat Lestari binaan anggota Majelis Tinggi Partai Nasdem, Lestari Moerdijat.

“Kami sangat mengapresiasi kader Nasdem di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota yang terus bergerak di jalan restorasi. Kami yakin upaya pelestarian lingkungan ini bisa dikerjakan semua kalangan dan menjadi gerakan,” ucapnya.

Di sisi lain, ia menyebut puncak gerakan peduli lingkungan akan dilaksanakan 19 November 2021 di Kepulauan Seribu, dengan menggelar aksi bersih-bersih pantai, melepas anak penyu dan anak burung elang, serta memberikan bantuan berupa sembako kepada puluhan ribu masyarakat yang membutuhkan.

"Semoga pesan dari kegiatan ini dapat memotivasi masyarakat luas untuk lebih mencintai dan menjaga kelestarian lingkungan,” tutupnya.
EDITOR: DIKI TRIANTO

ARTIKEL LAINNYA