Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Benny Harman: Kalau Pilpres dan Pileg Serentak, Tentu Semua Partai Lolos Berhak Ajukan Capres-Cawapres

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Selasa, 09 November 2021, 07:59 WIB
Benny Harman: Kalau Pilpres dan Pileg Serentak, Tentu Semua Partai Lolos Berhak Ajukan Capres-Cawapres
Anggota Komisi III DPR RI Benny K. Harman/Net
rmol news logo Gelaran pilpres dan pileg di tahun 2024 akan digelar secara serentak. Pertanyaan publik pun kini mengarah kepada presidential threshold atau ambang batas pencalonan presiden bagi para partai untuk mengajukan pasangan capres.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Gagasan baru dimunculkan anggota Komisi III DPR RI Benny K. Harman. Gagasan itu muncul setelah dirinya mendapat pertanyaan tentang siapa yang bisa mengajukan capres dan cawapres di saat pemilu digelar serentak dan hanya parpol yang mencalonkan presiden dan wapres.

“Tentu semua parpol yang dinyatakan lolos ikut pemilu oleh KPU berhak ajukan capres dan cawapres itu. Masuk akal bukan?” ujar politisi Demokrat itu lewat akun Twitter pribadi Senin malam (8/11).

Sementara di satu sisi, dorongan agar pemerintah dan DPR menghapus presidential threshold juga masih masif didengungkan. Salah satu penggagasnya adalah ekonom senior DR. Rizal Ramli.

Menurut Rizal Ramli, kehadiran ambang batas dalam pencalonan justru membuat demokrasi Indonesia berubah menjadi demokrasi kriminal yang tujuannya hanya mengeruk untung semata. Bukan untuk kesejahteraan rakyat. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA