Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Hari Pahlawan, Ganjar Pranowo: Spirit Pengabdian Pahlawan yang Lahirkan Republik

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Rabu, 10 November 2021, 12:00 WIB
Hari Pahlawan, Ganjar Pranowo: Spirit Pengabdian Pahlawan yang Lahirkan Republik
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo/Ist
rmol news logo Hari Pahlawan yang diperingati setiap tanggal 10 November harus menjadi momentum refleksi bagi generasi muda untuk meresapi semangat juang pahlawan bangsa.

Begitu dikatakan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo saat menghadiri Sarasehan dan Doa Bersama dalam rangka memperingati Hari Pahlawan 2021 tingkat Provinsi Jawa Tengah. Kegiatan ini dihadiri veteran dan mahasiswa secara hybrid dari Pendopo Kabupaten Blora, Jawa Tengah, Selasa malam (9/11).

"Dulu, pahlawan yang memberikan spirit kepada bangsa negara, mengabdi dan akhirnya lahir republik ini," kata Ganjar mengawali sambutannya.

Dikatakan Ganjar, tidak sedikit pahlawan di berbagai daerah yang diasingkan ke daerah lain, tidak terkecuali di Jawa Tengah.

Bagi politisi PDI Perjuangan ini, semangat juang yang berani ambil resiko untuk mencapai kemerdekaan itu harus menjadi inspirasi bagi generasi muda hari ini.

"Ada tokoh agama yang berjuang, ada juga perempuan Aceh yang dibuang ke sini dan sekarang banyak anak muda, yang tidak boleh kalah semangat,” katanya.

Masih kata Ganjar, secara formal dia akan memperingati Hari Pahlawan 2021 dengan upacara bersama Bupati Blora dan Forkopimda di pemakaman umum yang terdapat pejuang perempuan dari Aceh, yakni Pocut Meurah Intan.

“Ini sangat jarang terjadi, tapi budaya tradisi ini akan kita teruskan dalam setiap perayaan pahlawan. Agar kita bisa menghayati bagaimana peran-peran dan catatan sejarah, termasuk para tokoh Aceh yang ada di Blora,” pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA