Children in the DPR Korea
Children in the DPR Korea
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Aktivis Yakin Lawatan Jokowi ke Mandalika Membawa Angin Segar untuk Pariwisata NTB

LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Rabu, 10 November 2021, 15:29 WIB
Aktivis Yakin Lawatan Jokowi ke Mandalika Membawa Angin Segar untuk Pariwisata NTB
Aktivis Nusa Tenggara Barat, Karman BM/Ist
Agenda peresmian Pertamina International Street Circuit Mandalika di kawasan The Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) oleh Presiden Joko Widodo pada 12 November 2021 mendatang disambut positif.

Aktivis asal NTB, Karman BM menilai kunjungan Jokowi ke Mandalika bisa menjadi trigger bangkitnya sektor pariwisata di NTB.

"Secara simbolik kunjungan Presiden Jokowi ke Mandalika ini akan membawa benefit yang besar bagi NTB, terutama di sektor ekonomi dan pariwisata," kata Karman dalam keterangan tertulisnya, Rabu (10/11).

Ia menyadari pembangunan kawasan Mandalika turut menjadi perhatian pemerintah dalam proyek infrastruktur negara. Kawasan Mandalika sendiri diakuinya telah mangkrak selama kurang lebih 29 tahun.

Namun kini di bawah pemerintahan Jokowi, kawasan tersebut berhasil beroperasi dan diresmikan Presiden Jokowi pada Oktober 2017 lalu. Mandalika pun ditetapkan sebagai satu dari 10 destinasi wisata prioritas nasional, dan menjadi bagian dari lima destinasi wisata superprioritas yang di dorong menjadi destinasi "Bali Baru".

"Saat Presiden datang lagi untuk meresmikan Sirkuit Mandalika yang akan menjadi lokasi event internasional WSBK dan MotoGP, tenti ini perhatian yang luar biasa untuk NTB," jelas mantan relawan Jokowi di Pemilu 2019 ini.

Namun demikian, Karman memberi catatan bahwa perhatian pemerintah pusat ini harus diimbangi dengan upaya pemerintah daerah dan masyarakat NTB dalam mengembangkan kawasannya sendiri.

"Sekarang tinggal Pemda, masyarakat terutama pelaku industri pariwisata bisa menangkap peluang-peluang ini. Perhatian pemerintah pusat harus diimbangi semangat yang sama di daerah," tandasnya.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA