Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Yanuar Prihatin: Posisi Relawan Jadi Aktor Penting di Tengah Ongkos Politik yang Mahal

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Kamis, 11 November 2021, 15:51 WIB
Yanuar Prihatin: Posisi Relawan Jadi Aktor Penting di Tengah Ongkos Politik yang Mahal
Anggota DPR RI dari Fraksi PKB, Yanuar Prihatin/Net
rmol news logo Posisi relawan sangat penting dalam proses kontestasi pemilihan umum, baik itu pilkada, pilgub maupun pilpres. Hal ini untuk mendorong para calon menduduki posisi strategis dalam pertarungan pemilu.

Begitu dikatakan anggota DPR RI dari Fraksi PKB, Yanuar Prihatin dalam diskusi bertema "Fenomena Kemunculan Relawan Capres Sejak Dini: Siapa Punya Ambisi" di Gedung Nusantara III, Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamsi (11/11).

Secara historis di dunia perpolitikan Indonesia, kata dia, proses pemilihan umum tidak ada yang unik dan aneh tentang positioning realawan.

“Tapi saya ingin sampaikan, posisi relawan menjadi sangat penting ketika kita melihat demokrasi kita ini biayanya sangat mahal,” ucap Yanuar.

Biaya politik baik di tahap pilpres maupun di pemilihan kepala daerah sekalipun membutuhkan biaya yang tidak murah.

"Pertanyaaanya dalam situasi semacam ini, apa salah satu exit clausul, jalan keluar yang bisa meringankan soal ini?” imbuhnya.

Pihaknya melihat, posisi relawan dalam kontestasi pemilu menarik, karena konsepsi relawan dibentuk dari tingkat masyarakat.

"Jadi inisiasinya, proses politiknya dibangun atas dasar kesadaran bersama. Dibangun atas dasar partisipasi kolektif yang mengandaikan kesukarelaan, kemudian networking, juga kerja-kerja kolektif yang berbasis kepada persamaan kepentingan,” katanya.

Namun lebih dari itu, ada kesamaan kebiasaan bahkan kultural hingga membuat konstruksi relawan dalam perpolitikan tanah air mengambil bagian di luar kerangka formal politik oleh tim sukses partai.

“Saya mengapresiasi posisi relawan sangat penting sebagai bagian dari mendinamisir demokrasi, mengakselerasi partisipasi-partisipasi yang jauh lebih berkualitas dan memberikan efek pengurangan cost politik yang luar biasa,” tutupnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA