Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Survei PRC: Prabowo, Ganjar dan Anies Masih Disukai Milenial

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Senin, 15 November 2021, 13:10 WIB
Survei PRC: Prabowo, Ganjar dan Anies Masih Disukai Milenial
Ketua Umum Partai Gerindra sekaligus Menteri Pertahanan RI, Prabowo Subianto/Ist
rmol news logo Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, hingga Anies Baswedan masih menempati posisi puncak sebagai calon presiden potensial dari kalangan pemilih muda untuk Pilpres 2024.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Hal itu terpotret dalam temuan survei nasional Politika Research & Consulting (PRC) bertajuk "Potret Kinerja Pemerintahan dan Kandidat Capres-Cawapres 2024" yang digelar pada medio 8 Oktober hingga 4 November 2021.

"Hasil temuan kami dalam survei PRC relatif hampir sama, preferensi masyakarat kategori milenial atau Gen Z atau pemilih muda relatif (memilih) berkisaran di nama-nama Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, kemudian Anies Baswedan," kata Direktur Eksekutif Politika Research & Consulting, Rio Prayogo saat memaparkan hasil surveinya, Senin siang (15/11).

Rio mengurai, untuk top of mind pada segmen pemilih muda sendiri elektabilitas Prabowo Subianto sebesar 13,2 persen, kemudian Ganjar Pranowo sebesar 12,2 persen, lalu Joko Widodo 11,8 persen, Anies Baswedan 8,9 persen, Sandiaga Uno 4,7 persen.

Kemudian posisi berikutnya ada Ridwan Kamil 2,3 persen, Tri Rismaharini 1,4 persen, Susilo Bambang Yudhoyono 1,2 persen, Agus Harimurti Yudhoyono 1,2 persen, Gatot Nurmantyo 0,8 persen, lainnya sebesar 3,5 persen dan tidak jawab atau ragu sebesar 38,8 persen.

"Padahal kami mengonstruksi mereka (milenial) sebagai pemilih kritis dan dekat sekali dengan teknologi pemilih yang mandiri atau otonom. Tapi kecenderungannya masih menyukai pokok-pokok atau figur yang masih diperbincangkan oleh publik," katanya

Sementara itu, terkait simulasi 21 nama, Ganjar Pranowo berada di posisi satu dengan elektabilitas 21,55 persen. Posisi kedua diikuti oleh Prabowo Subianto 18,4 persen, Anies Baswedan 14,3 persen, Sandiaga Uno 4,15 persen, kemudian AHY 3,9 persen.

Selain itu, ada juga nama Tri Rismaharini 3,3%, Susi Pudjiastuti 2,9%, Khofifah Indar Parawansa 2,5 persen, Gatot Nurmantyo 2,1 persen, Surya Paloh 1,7 persen, Puan Maharani 1,2 persen, Andika Perkasa 1,0 persen, Mahfud MD 1,0 persen, Tito Karnavian 0,6 persen, Erick Thohir 0,4 persen.

Selanjutnya ada Muhaimin Iskandar 0,4 persen, Airlangga Hartarto 0,2 persen, Moeldoko 0,2 persen, Sri Mulyani 0,2 persen, dan tidak tahu atau tidak menjawab ada 10,8 persen.

"Pertanyaan dengan opsi jawaban tertutup, baik pada simulasi 21 Ganjar Pranowo menempati urutan teratas sebagai kandidat calon presiden pilihan kaum muda, berikutnya Prabowo Subianto dan Anies Baswedan dengan dengan selisih sekitar tiga persen," demikian Rio.

Survei PRC ini menggunakan metode multistage random sampling dengan jumlah responden 1.220 dari 34 provinsi dan 122 kabupaten/kota dengan wawancara tatap muka.

Survei digelar pada 8 Oktober hingga 4 November 2021 ini memiliki tingkat kepercayaan 95 persen dengan margin of error sebesar 2,9 persen. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA