Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dukung Gerakan Mogok, Liga Pemuda Indonesia: PP 36/2021 Rugikan Kaum Buruh

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Kamis, 18 November 2021, 13:02 WIB
Dukung Gerakan Mogok, Liga Pemuda Indonesia: PP 36/2021 Rugikan Kaum Buruh
Liga Pemuda Indonesia (LPI)/Ist
rmol news logo Liga Pemuda Indonesia mendukung sikap kaum buruh yang akan menggelar aksi mogok kerja sebagai kritik kebijakan pemerintah melalui surat edaran Menteri Tenaga Kerja berlandaskan PP 36/2021 tentang Pengupahan.

Ketu Umum Liga Pemuda Indonesia, Agus Priyanto mengatakan, salah satu kritik pada PP 36/2021 adalah rumusan penghitungan kenaikan gaji. Kata dia, rumus perhitungan dengan mengalikan pertumbuhan ekonomi atau inflasi dengan besaran gaji tidak masuk akal.

"Pertumbuhan ekonomi adalah variabel makro ekonomi, sementara upah adalah variabel mikro ekonomi," kata Agus Priyanto kepada wartawan, Kamis (18/11).

Dijelaskan Agus Priyanto, apabila kedua variabel tersebut dipaksa dikalikan, maka hasilnya akan menyesatkan alias ngawur dan menjadi kerugian bagi kaum buruh.

"Sebagai contoh, berdasarkan simulasi menggunakan rumus di PP 36/2021 untuk Kabupaten Bogor, ternyata kenaikan upah minimum UM (t+1) hanya 1,04 persen. Padahal pertumbuhan ekonomi Kabupaten Bogor tahun 2021 mencapai 3,45 persen," katanya.

"Artinya rumus ngawur ini menghasilkan kenaikan upah hanya sepertiga dari pertumbuhan ekonomi," sambungnya menegaskan.

Masih contoh kasus di Kabupaten Bogor, pada Pasal 26 PP 36/2021 juga memperbolehkan pengusaha membayarkan upah sampai 47 persen di bawah upah minimum yang ditetapkan.

"Setelah melalukan simulasi pada rumus Batas Bawah (BB) upah minimum di Pasal 26 dengan contoh kasus Kabupaten Bogor, ternyata pengusaha dapat membayar upah 47 persen di bawah upah minimum yang normal," tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA