Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Fenomena Tukar Guling Jabatan Komisioner KPU dan Bawaslu, Ada Apa?

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Kamis, 18 November 2021, 17:39 WIB
Fenomena Tukar Guling Jabatan Komisioner KPU dan Bawaslu, Ada Apa?
Lambang KPU danBawaslu/Net
rmol news logo Seleksi bakal calon anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) periode 2022-2027 mempertontonkan satu fenomena baru yang cukup unik.

Para pimpinan penyelenggara Pemilu seolah "tukar guling" mengisi jabatan untuk lima tahun selanjutnya yang akan melaksanakn Pemilu dan Pilkada Serentak 2024. Di mana, ada beberapa komisioner KPU yang mendaftar dalam seleksi untuk bakal calon anggota Bawaslu, dan begitu pun sebaliknya.

Hal ini dibenarkan Anggota Tim Seleksi (Timsel) Calon Anggota KPU dan Bawaslu periode 2022-2027, Endang Sulastri.

"Jadi ada begitu (tukar guling). Ada yang dari KPU mendaftar ke Bawaslu, dan ada yang dari Bawaslu mendaftar ke KPU," ujar Endang Sulastri saat dihubungi Kantor Berita Politik RMOL, Kamis (18/11).

Berdasarkan data yang dihimpun Kantor Berita Politik RMOL, ada beberapa komisioner baik KPU ataupun Bawaslu yang masih menjabat sekarang ini sudah dinyatakan lolos tahap seleksi administrasi oleh Timsel.

Misalnya seperti Komisioner KPU, Pramono Ubaid Tanthowi dan Hasyim Asyari yang lolos tahap administrasi untuk seleksi calon anggota Bawaslu. Sementara Komisoner KPU selain Arief budiman dan Evi Novida Ginting Manik mendaftar untuk jabatan anggota KPU periode 2022-2027.

Mereka di antaranya I Dewa Kade Wirasa Raka Sandi, Ilham Saputra, dan Viryan Aziz yang juga dinyatakan lolos seleksi administrasi.

Sementara di jajaran Anggota Bawaslu ada nama Ketua Bawaslu periode 2017-2022 Abhan, dan Anggota Bawaslu Mochammad Afifuddin, yang mendaftar sebagai komisoner KPU periode 2022-2027.

Sedangkan untuk nama lainnya, yakni Fritz Edward Siregar, mendaftar untuk anggota Bawaslu periode 2022-2027 dan dinyatakan lolos seleksi administrasi.

Adapun dua anggota Bawaslu periode 2017-2022 yang lainnya, yaitu Ratna Dewi Pettalolo dan Rahmat Bagja tidak terdaftar mengikuti seleksi anggota KPU dan Bawaslu periode 2022-2027. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA