Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Bulog Didesak Penuhi Janji Serap Hasil Panen Petani Bawang Saat Harga Jatuh

LAPORAN: AGUS DWI
  • Jumat, 19 November 2021, 00:31 WIB
Bulog Didesak Penuhi Janji Serap Hasil Panen Petani Bawang Saat Harga Jatuh
Anggota DPR RI Fraksi PKS, Bukhori Yusuf/Ist
Kunjungan anggota DPR RI Daerah Pemilihan (dapil) Jawa Tengah 1, Bukhori Yusuf, saat menemui konstituennya yang berasal dari kelompok petani bawang merah di Kabupaten Kendal yang tergabung dalam Asosiasi Bawang Merah Indonesia (ABMI) dihiasi dengan sejumlah keluhan.

Anggota Komisi VIII ini mencermati keluhan petani soal peran Bulog dalam menyerap hasil panen.  Salah satu petani yang ditemui membeberkan pengalaman buruknya soal komitmen Bulog dalam membantu petani ketika harga bawang merah sedang jatuh.

Dipaparkan petani tersebut, pada 2016 Presiden Joko Widodo pernah meminta harga bawang merah turun menjadi Rp 25 ribu/kg di saat harga pasar saat itu mencapai Rp 35 ribu/kg.

Merespons hal itu, Bulog lantas membujuk para petani untuk menjual bawangnya sesuai kehendak Presiden dengan iming-iming ketika harga bawang di bawah Rp 15 ribu/kg, maka Bulog akan membelinya dengan harga yang patut.

Namun sayangnya, janji itu ternyata hanya pepesan kosong belaka. Karena Bulog secara tiba-tiba membatalkan kesepakatan itu secara sepihak meskipun MoU telah diteken.

Petani itu melanjutkan, adanya Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) No. 27 tahun 2017 sesungguhnya memiliki niat mulia, yakni apabila terjadi harga bawang merah di bawah Rp 15 ribu/kg maka harus diserap oleh Bulog. Namun demikian realisasinya tidak seindah di atas kertas.

Menanggapi hal itu, Bukhori mengatakan akan beraudiensi dengan anggota DPR dari Komisi Pertanian yang turut bermitra dengan Bulog untuk mengadvokasi isu ini.

“Artinya regulasi yang ada sudah cukup baik, namun masih lemah eksekusinya di lapangan. Dari temuan ini, kami akan segera mengadvokasi isu ini melalui Komisi IV DPR untuk mendesak Bulog mematuhi apa yang telah ditetapkan oleh regulasi,” ujar politikus PKS ini melalui keterangannya, Kamis (18/11).

“Tidak hanya itu, melalui anggota Fraksi PKS di Komisi IV, saya juga akan mengusulkan supaya izin ekspor bagi petani bawang merah bisa dipermudah dan penyediaan fasilitas Cold Storage bagi hasil panen petani dipastikan tersebar merata sehingga mudah diakses siapapun,” pungkasnya.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA