Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

KPU RI Simulasi Penyederhanaan Surat Suara untuk Minimalkan Suara Tidak Sah

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Sabtu, 20 November 2021, 13:36 WIB
KPU RI Simulasi Penyederhanaan Surat Suara untuk Minimalkan Suara Tidak Sah
Ilustrasi Pemilihan Umum 2024/RMOL
rmol news logo Simulasi pemungutan dan penghitungan suara dalam persiapan Pemilu Serentak 2024 digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI dengan memfokuskan penyederhanaan surat suara.

Komisioner KPU RI, Evi Novida Ginting Manik menjelaskan, penyederhanaan surat suara dimaksudkan untuk meminimalkan potensi surat suara tidak sah saat pemilu 2024 digelar.

"Kami berharap dari simulasi bisa diketahui format surat suara apa yang lebih memudahkan, efisien, dan efektif bagi peserta dan penyelenggara," kata Evi dalam simulasi terpusat dari Kantor KPU Provinsi Sulawesi Utara di Manado, Sabtu (20/11).

Pada Pemilu Serentak 2019, dikatakan Evi, persentase suara tidak sah cukup tinggi. Pemilihan anggota DPD tercatat lebih dari 19 persen suara tidak sah. Sementara, surat suara tidak sah dalam pemilihan anggota DPR sekitar 11,04 persen.

Masih kata Evi, simulasi dengan dua jenis surat suara di dua TPS melibatkan 100 pemilih, terdiri dari pegiat pemilu, perguruan tinggi, mahasiswa, dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

Dalam simulasi ini disediakan dua macam surat suara dan dua tempat pemungutan suara (TPS). Adapun jenis surat suara yang digunakan yakni surat suara yang terdiri dari dua lembar dan surat suara yang terdiri dari tiga lembar surat suara.

Selain simulasi, KPU akan menanyakan pendapat partisipan setelah mereka selesai melakukan simulasi pemilihan tersebut.

"Mudah-mudahan upaya dalam rangka mendapatkan pemilu berkualitas akan bisa kita capai dengan simulasi-simulasi," pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA