Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Eko Patrio Ingatkan para Kader Parpol Tidak Hanya Beredar 5 Tahun Sekali Saja

LAPORAN: AGUS DWI
  • Minggu, 21 November 2021, 00:28 WIB
Eko Patrio Ingatkan para Kader Parpol Tidak Hanya Beredar 5 Tahun Sekali Saja
Anggota DPR RI Eko Hendro Purnomo (Eko Patrio)/Ist
Sinergitas antara kader partai politik dengan pemerintah, dalam hal ini pemerintahan level Kelurahan, RW, dan RT, sangat diperlukan untuk bisa memberi manfaat kepada masyarakat.

"Butir-butir sila ke-4 dari Pancasila menjadi bahan pengejawantahan dalam mewujudkan perwakilan yang baik di kehidupan masyarakat. Para kader partai politik menjadi bagian sosial yang mengakar di masyarakat supaya masyarakat pun dapat memahami pentingnya politik yang mensejahterkan," kata anggota DPR RI Eko Hendro Purnomo alias Eko Patrio, melalui keterangannya, Sabtu (20/11).

Hal ini mempertegas kembali apa yang telah disampaikan Ketua DPW PAN DKI Jakarta ini pada kegiatan Sosialisasi Empat Pilar yang di hadapan para kader PAN, pada Rabu lalu (17/11).

Sekretaris Fraksi PAN DPR RI ini menegaskan, betapa pentingnya kaderisasi partai politik  dalam upaya menyiapkan sumber daya manusia yang mengerti politik sebagai salah satu sumber rekruitmen di sektor penyelenggara negara.

Sebab, selama ini muncul stigma di masyarakat bahwa partai politik cuma beredar setiap 5 tahun sekali yakni pada saat mau pemilihan umum (Pemilu).

"Kader Parpol harus hadir di tengah-tengah masyarakat setiap saat. Apalagi pada saat masyarakat membutuhkan saat ini akibat dampak Covid-19. Bukan hanya hadir menjelang pemilu saja," katanya mengingatkan.

Lebih jauh Eko Patrio menuturkan, menurut sumber beberapa lembaga survei, masyarakat tidak peduli dengan politik untuk saat ini secara umum mencapai 73%. Tetapi perhatian masyarakat dalam hal pemberitaan tentang tokoh-tokoh bakal calon presiden pun cukup tinggi, sehingga perlu aplikasi yang baik dan tepat sasaran.

Untuk itu partai politik harus membina kadernya lebih baik agar pembinaan kader partai berdampak pada kesejahteraan masyarakat.

Eko Patrio juga berharap ada komunikasi dan sinergitas yang baik antara legislatif dan eksekutif dalam menjalankan program-program pemerintah. Dan sinergitas ini juga harus dilakukan aparat penyelenggara negara di tingkat Kecamatan dan Kelurahan, bahkan di tingkat RW dan RT dengan kader-kader partai.

"Hal ini penting agar dukungan program bukan hanya di level DPR dan DPRD tetapi juga kader partai di level yang paling bawah. Diharapkan dengan dukungan ini program-program pemerintah akan lebih maksimal lagi dirasakan masyarakat di bawah," tandasnya.
EDITOR: AGUS DWI

ARTIKEL LAINNYA