Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jenderal Andika Konsultasikan Calon Pangkostrad ke Presiden Jokowi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Senin, 22 November 2021, 15:29 WIB
Jenderal Andika Konsultasikan Calon Pangkostrad ke Presiden Jokowi
Presiden Joko Widodo saat melantik Jenderal TNI Andika Perkasa sebagai Panglima TNI/Setpres
rmol news logo Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa tengah mengkonsultasikan siapa Perwira Tinggi (Pati) yang akan dijadikan sebagai Pangkostrad kepada Presiden Joko Widodo. Posisi Pangkostrad saat ini kosong usai Jenderal TNI Dudung Abdurachman resmi dilantik sebagai KSAD.

"Pangkostrad baru, saya baru merencanakan untuk lapor Presiden dulu. Kita akan laporkan untuk rencana Wanjakti," kata Andika di Mabes AL, Cilangkap, Jakarta Timur (Jaktim), Senin (22/11).

Usai melaporkan ke Jokowi, dikatakan Andika, maka proses Dewan Kepangkatan dan Jabatan Tinggi (Wanjakti) menggodoknya lalu kemudian diserahkan kembali kepada Presiden untuk diputuskan.


"Nah setelah itu baru akan ada arahan atau usulan dari kami yang nanti akan diputuskan oleh Presiden," tutur Andika.

Sementara itu, belum genap seminggu dilantik sebagai Panglima TNI, Jenderal Andika Perkasa langsung merotasi perwira tinggi (Pati) di lingkungan TNI.

Terdapat Pati dari Pangkostrad dan Danjen Kopassus yang mendapat tugas baru dari Jenderal Andika Perkasa.  

Mutasi dan promosi jabatan tertuang dalam Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/1029/XI/2021 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan Tentara Nasional Indonesia. SK tertanggal 17 November itu diteken Kepala Sekretariat Umum TNI Brigjen TNI Edy Rochmatullah atas nama Panglima Jenderal TNI Andika Perkasa.

Di jajaran Pati, terdapat Pangkostrad Letjen TNI Dudung Abdurachman yang dipromosikan sebagai KSAD. Dudung menggantikan Andika yang dipercaya Presiden Joko Widodo sebagai Panglima TNI.

Terdapat pula Danjen Kopassus Mayjen TNI M Hassan yang dipromosikan sebagai Pangdam Iskandar Muda. Jenderal lulusan Akademi Militer 1993 ini menggantikan Mayjen TNI Achmad Marzuki yang dimutasi sebagai Aster KSAD.


Adapun Pati yang dirotasi oleh Andika Perkasa, antara lain; Latjen Dudung Abdurachman dari Pangkostrad menjadi KSAD, Letjen TNI Ganip Warsito dari Kepala BNPB ditarik ke Mabes dalam rangka pensiun.

Posisinya sebagai Kepala BNPB digantikan oleh Mayjen Suharyanto yang sebelumnya menjabat sebagai Pangdam V Brawijaya. Posisi yang ditinggal Mayjen Suharyanto diisi oleh Mayjen Nurcahyanto.

Sementara Mayjen Achmad Marzuki yang sebelumnya menjabat sebagai Pangdam Iskandar Muda (IM) dimutasi sebagai Aster KSAD. Posisinya sebagai Pangdam IM digantikan oleh Mayjen Muhammad Hasan yang sebelumnya menjabat Danjen Kopassus.

Sementara Danjen Kopassus diisi oleh Mayjen Teguh Muji Angkasa yang sebelumnya sebagai doesn tetap di Universitas Pertahanan (Unhan).rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA