Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kemnaker: Pekerja Perempuan Menurun, Pengangguran Meningkat

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Selasa, 23 November 2021, 12:18 WIB
Kemnaker: Pekerja Perempuan Menurun, Pengangguran Meningkat
Staf Khusus Menteri Ketenagakerjaan, Hindun Anisah/Ist
rmol news logo Pasar tenaga kerja di Indonesia mengalami penurunan cukup besar di masa pandemi Covid-19 yang sudah memasuki tahun kedua ini.

“Kurang lebih ada 2.228.561 pekerja kehilangan pekerjaan dan tingkat pengangguran meningkat sekitar 1,32 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Pada 2021, tingkat pengangguran 6,26 persen,” kata Staf Khusus Menteri Ketenagakerjaan, Hindun Anisah dalam keterangan tertulisnya, Selasa (23/11).

Dari jumlah tersebut, perempuan menjadi salah satu kelompok yang rentan terpengaruh dengan adanya pandemi Covid-19 saat ini. Dari angkatan kerja perempuan menurun sebesar 0,07 persen, sedangkan tingkat pengangguran angkatan kerja perempuan meningkat sebesar 0,45 persen.

Menurut Hindun, kondisi penurunan angkatan kerja perempuan tidak hanya terjadi di Indonesia saja, akan tetapi juga melanda hampir di seluruh negara ASEAN.

“Kondisi serupa sedikit banyak terjadi di negara-negara anggota ASEAN,” katanya.

Staf khusus yang juga pengasuh Pondok Pesantren Hasyim Asy'ari, Jepara ini berharap, pemerintah dan stakeholder lainnya ikut bekerja dalam meningkatkan angkatan pekerja, khusunya perempuan.

“Saat ini pemerintah terus berupaya untuk bersama-sama mendorong agar terjadi peningkatan jumlah pekerja perempuan yang ada di Indonesia,” tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA