Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Hari Guru Nasional, Mencerdaskan Kehidupan Bangsa Lewat Merdeka Belajar

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Kamis, 25 November 2021, 16:40 WIB
Hari Guru Nasional, Mencerdaskan Kehidupan Bangsa Lewat Merdeka Belajar
Peringatan Hari Guru Nasional Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, dan Ristek/Ist
rmol news logo "Bergerak dengan Hati, Pulihkan Pendidikan" menjadi tema yang diusung dalam peringatan Hari Guru Nasional tahun 2021 di lapangan upacara Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Jakarta Pusat, Kamis (25/11).

Dalam upacara tersebut, Menteri Nadim Makarim menyebut mayoritas guru di Indonesia sedang terpukul secara ekonomi, kesehatan, hingga batin akibat pandemi Covid-19.

Karena pandemi pula, guru harus rela mendatangi rumah-rumah pelajar untuk memastikan pelajaran sekolah tetap diberikan kepada siswa. Guru mau tidak mau mempelajari teknologi yang mungkin belum tersentuh, bahkan hingga menyederhanakan kurikulum demi memastikan murid tidak belajar di bawah tekanan.

"Sangat wajar jika dalam situasi ini banyak guru terdemotivasi," jelas Nadiem Makarim.

Saat ini, guru se-Indonesia menginginkan kesempatan yang adil dalam mencapai kesejahteraan, dan akses terhadap teknologi, serta kurikulum yang sederhana dan bisa mengakomodasi kemampuan dan bakat setiap murid.

Berangkat dari kegelisahan inilah, Kemendikbud Ristek menggaungkan Merdeka Belajar, kebijakan yang kini sudah berubah menjadi suatu gerakan. Penyederhanaan kurikulum pada Merdeka Belajar berhasil melahirkan ribuan inovasi pembelajaran dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa.

Karena itulah, Nadiem akan terus memperjuangkan Merdeka Belajar demi kehidupan dan masa depan guru se-Indonesia yang lebih baik.

Dalam peringatan Hari Guru ini, Nadiem memberikan penghargaan Unit Pengelola Kearsipan Tahun 2021 Kemendikbudristek kepada Ditjen PAUD Dikdasmen di peringkat I, Badan Pembinaan dan Pengembangan Bahasa di Peringkat II dan Sekretariat Jenderal di Peringkat III.

Penghargaan tersebut sebagai tindaklanjut hasil pengawasan kearsipan internal yang dilakukan beberapa waktu ke belakang berdasarkan tata kelola kearsipan di masing-masing unit kerja di lingkungan Kemendikbudristek. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA