Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Waketum DMI Pimpin Delegasi FKPM ke Al-Azhar Mesir

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Senin, 29 November 2021, 08:24 WIB
Waketum DMI Pimpin Delegasi FKPM ke Al-Azhar Mesir
Wakil Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI), Komjen (Purn) H Syafruddin memimpin Forum Komunikasi Pesantren Muadalah (FKPM) ke pusat riset keislaman Al-Azhar, Mesir/Ist
rmol news logo Forum Komunikasi Pesantren Muadalah (FKPM) berkunjung ke Majma' Al-Buhust Al-Islamiyah atau pusat riset keislaman Al-Azhar, Mesir, Minggu (28/11).

Rombongan FKPM dipimpin oleh Wakil Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI), Komjen (Purn) H Syafruddin dan diterima langsung oleh Sekjen Majma' Buhuts al-Islamiyyah, Syaikh Prof Dr Nadzir Ayyadh.

Pertemuan tersebut dilakukan dalam rangka mengajukan muadalah (penyetaraan) ijazah pesantren yang tergabung dalam FKPM dengan Al-Azhar.

"Kita berharap santri mendapat lebih banyak kesempatan untuk belajar di Al-Azhar. Kelak, para santri yang menjadi alumni Al-Azhar diharapkan menyebarkan ajaran Islam yang wastiyah di Indonesia sehingga kiprah alumni Al-Azhar bisa dirasakan oleh rakyat Indonesia," ujar Syafruddin dalam keterangan tertulisnya, Senin (29/11).

Sementara itu, Sekjen FKPM yang juga pengasuh pesantren Termas KH Luqman Al-Hakim Harist Dimyati menyebut, ada sekitar 40-an pesantren dari unsur salafiyah maupun ashriyah mengajukan muadalah.

Beberapa di antaranya Tremas, Manonjaya, Al-Ikhlas Taliwang, Darusaalam Bogor, Baitul Hidayah Bandung, Al-Mizan Banten, Darul Azhar Banten, Mawaridussalam Medan, Al-Amien Madura, Al-Amanah Al-Gontory Tangerang, Darul Quran Tangerang, Al-Ishlah Bondowoso, dan lain-lain.

Sebelum ini, ada sembilan pesantren yang telah mendapatkan muadalah, di antaranya Darussalam Gontor, Darunnajah Jakarta, Tazakka Batang, Al-Ikhlas Kuningan, Amanatul Ummah Mojokerto, dan Muallimin Muhammadiyah Yogyakarta.

Sekjen Syaikh Nadzir menyambut baik niat delegasi pimpinan pesantren sebagai salah satu bentuk kaderisasi dan investasi sumberdaya manusia. Ia memastikan, Al-Azhar terus berkomitmen dalam menyiapkan ulama-ulama mumpuni di masa depan.

Dalam kunjunganya ke Kairo, Syafruddun turut didampingi beberapa tokoh, yakni pimpinan Pondok Modern Gontor, Prof Dr KH Amal Fathullah Zarkasyi; pengasuh Pondok Pesantren Termas, KH Luqman Haris Haris Dimyati; dan Ustaz Dasad Latif. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA