Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Ketua Komisi II Target Jadwal Pemilu Ditetapkan Januari 2022

LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Senin, 29 November 2021, 18:16 WIB
Ketua Komisi II Target Jadwal Pemilu Ditetapkan Januari 2022
Ketua Komisi II DPR RI, Ahmad Doli Kurnia/Net
Jadwal pemilihan umum (Pemilu) tahun 2024 bakal diputuskan dalam rapat bersama antara Pemerintah, DPR RI, dan Penyelenggara Pemilu pada sidang pertama tahun 2022.

Hal tersebut merupakan target parlemen yang disampaikan Ketua Komisi II DPR RI, Ahmad Doli Kurnia, yang memastikan usai tanggal hari h Pemilu ditetapkan akan langsung dibahas persiapan tahapan dan pelaksanaan.

"Kita berharap awal Januari," ujar Doli kepada wartawan pada Senin (29/11).

Keputusan jadwal Pemilu, menurut Doli, mau tidak mau harus ditetapkan awal tahun depan. Sebabnya, jika bulan pelaksanaan pencoblosan ditetapkan Februari atau Mei, maka tahapan Pemilu harus dimulai paling cepat pertengahan 2022.

"Itu pun tahapan internal KPU, jadi kita sebenarnya dari segi waktu masih memungkinkan masih cukup untuk kita ambil keputusan tentang jadwal itu," kata Doli.

"Kalau saya sih targetnya selambat-lambatnya masa sidang pertama 2022 lah itu harus sudah putus," sambungnya.

Lebih lanjut, Doli menyinggung ihwal adanya rumor mengenai pelaksanaan pemilu yang diinginkan pemerintah yaitu jatuh pada bulan Mei. Namun belakangan pemerintah membuka wacana bersedia dilakukan bulan februari.

"Kami di Komisi II sebetulnya kalau ada informasi dari pemerintah itu tentu kita berharap disampaikan secara resmi ke komisi II,  nah memang betul kami mendengar rumor itu," tuturnya.

Namun begitu, Doli menegaskan bahwa DPR RI berprinsip seluruh kebijakan yang akan diputuskan harus dikomunikasikan kepada DPR RI.

"Harusnya formal. (Karena) waktu pada saat penyampaian (usul tanggal Pemilu) 15 Mei itu kan disampaikan resmi oleh Menkopolhukam, kemudian kami konfirmasi pada saat ke mendagri pada saat raker dengan komisi II. Itu yang terakhir jadi pegangan kami," katanya.

Karena itu, pihaknya berencana akan mengundang sejumlah stakeholder untuk rapat kerja bersama dengan Komisi II, guna membahas secara detil mengenai agenda penyelenggaraan pemilu 2024 mendatang.

"Kalau masih mungkin ya, karena banyak agenda. Mungkin (mengundang pemerintah) minggu-minggu ini," demikian Doli.
EDITOR: AHMAD SATRYO

ARTIKEL LAINNYA