Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Andre Rosiade Minta Erick Thohir Jadikan Garuda Official Tunggal Keberangkatan Jemaah Haji dan Umroh

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Selasa, 30 November 2021, 21:54 WIB
Andre Rosiade Minta Erick Thohir Jadikan Garuda <i>Official</i> Tunggal Keberangkatan Jemaah Haji dan Umroh
Anggota Komisi VI DPR RI fraksi Gerindra Andre Rosiade/Net
Andre Rosiade Dukung Penerbangan Garuda Indonesia untuk Haji dan Umrah

RMOL. Akses penerbangan langsung yang sudah diberikan pemerintah Arab Saudi kepada Indonesia pada masa pandemi Covid-19, diharapkan bisa menggengot margin keuntungan perusahaan penerbangan milik negara.

Garuda Indonesia, sebagai maskapai penerbangan milik negara diharap bisa memanfaatkan momentum kebijakan Arab Saudi tersebut, mengingat banyak jemaah ibadah umroh yang tertunda keberangkatannya hampir dua tahun terakhir.

Anggota Komisi VI DPR RI yang membidangi urusan BUMN, Andre Rosiade, mendukung penuh PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk memberangkatkan jemaah umrah dan termasuk haji pada tahun depan.

Namun, Garuda Indonesia diminta tidak melaksanakan kerja sama codeshare dengan perusahaan penerbangan asing untuk dua hal terkait ibadah umat Islam tersebut.

"Kami senang, Indonesia kembali bisa menerbangkan jemaah haji dan umrah ke tanah suci Mekkah. Garuda kembali bisa mengangkut penumpang secara langsung ke Arab Saudi dengan pesawat sendiri. Tapi tidak bekerja sama dengan maskapai lain khusus haji dan umrah," kata Andre kepada wartawan di Jakarta, Selasa (30/11).

Andre berharap, mejadikan Garuda sebagai official penerbangan jemaah umroh dan haji bisa menjadi komitmen bersama semua pihak, khususnya pemerintah. Sehingga, dia mengingatkan Menteri BUMN, Erick Thohir, dan manajemen Garuda Indonesia untuk memastikan keberangkatan haji dan umrah dihandel langsung oleh BUMN bukan perusahaan penerbangan asing.

"Jangan sampai umrah dan haji Indonesia diurus maskapai luar negeri. Tentu tidak sejalan dengan kebiasaan dan keberpihakan kita terhadap perusahaan nasional," kata ketua DPD Partai Gerindra Sumbar ini.

Sementara itu, Ketua Harian DPP Sarikat Karyawan PT Garuda Indonesia, Tomy Tampaty, mengapresiasi dorongan Andre Rosiade memulihkan ekonomi Garuda yang terimbas pandemi Covid-19.

Menurut Tomy, Andre telah menyuarakan kegelisahan karyawan Garuda saat di ruang sidang ataupun dalam kegiatan-kegiatan kedewanan. Dia juga berharap Andre membantu memastikan Garuda Indonesia menangani penerbangan umrah dan haji.

"Terima kasih atas semua dukungan Pak Andre dan Partai Gerindra selama ini terhadap kelangsungan flag carrier Garuda Indonesia. Semoga Garuda Indonesia bisa terus lebih baik dan tidak melepas penerbangan umrah dan haji," kata Tomy.

Tomy juga sudah menyatakan sikapnya terkait rencana Kementerian BUMN untuk melakukan kerja sama dengan beberapa perusahan penerbangan asing guna memenuhi adanya keterbatasan penerbangan Garuda Indonesia pada internasional.

"Selama ini Garuda Indonesia telah memiliki banyak kerja sama codeshare pada rute internasional dengan beberapa perusahan penerbangan asing namun tidak untuk penerbangan haji dan umrah. Untuk kerja sama, Garuda juga anggota dari Skyteam atau aliansi penerbangan internasional," katanya.

Dari poin-poin ini, katanya, mereka mengingatkan agar dalam melaksanakan rencana kerja sama Codeshare antara Garuda Indonesia dengan perusahan asing tersebut tidak penerbangan pengangkutan jamaah umrah dan haji Indonesia.

Mengingat mayoritas rakyat Indonesia beragama Islam dan mayoritas jamaah lebih senang terbang dengan Garuda. Karena beberapa faktor seperti bahasa, makanan dan keramahan awak kabin. Begitu juga secara perusahaan, haji dan umrah ini adalah captive market-nya Garuda Indonesia.

"Semoga Menteri BUMN bisa mengingatkan manajemen Garuda Indonesia untuk mempersiapkan penerbangan umrah dan haji dengan baik," demikian Tomy rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA