Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Bukan Hanya Seremonial, Jokowi Komitmen Dorong G20 Hasilkan Terobosan Besar

LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Rabu, 01 Desember 2021, 21:26 WIB
Bukan Hanya Seremonial, Jokowi Komitmen Dorong G20 Hasilkan Terobosan Besar
Presiden Jokowi G20/Repro
Presidensi Indonesia di G20 diharapkan tidak hanya sebatas seremonial belaka. Negara anggota G20 diharapkan melakukan aksi-aksi nyata agar masyarakat dunia dapat merasakan dampak positif dari kerjasama.

Demikian disampaikan oleh Presiden Joko Widodo saat memberikan sambutan di acara G20 Indonesia Presidency 2022 Opening Ceremony yang diselenggarakan secara daring maupun luring di Lapangan Banteng, Sawah Besar, Jakarta Pusat, Rabu malam (1/12).

Jokowi mengatakan, Indonesia berkomitmen terus mendorong negara anggota G20 menghasilkan terobosan besar.

"Saya ingin, Presidensi Indonesia di G20 tidak sebatas seremonial belaka. Indonesia mendorong negara G20 untuk melakukan aksi-aksi nyata," ujar Presiden Jokowi.

Indonesia kata Jokowi, akan terus mendorong negara-negara G20 membangun kolaborasi untuk menggalang kekuatan. Tujuannya, untuk memastikan masyarakat dunia dapat merasakan dampak positif dari kerjasama tersebut.

"Presidensi Indonesia juga akan digunakan untuk memperjuangkan aspirasi dan kepentingan negara-negara berkembang, Indonesia berusaha membangun tata kelola dunia yang lebih adil," kata Jokowi.

Selain itu, Indonesia kata Jokowi, berupaya memperkuat solidaritas dunia mengatasi perubahan iklim dan pembanguan berkelanjutan.

Jokowi menjelaskan, Indonesia akan menggalang komitmen negara maju membantu negara berkembang, negara kaya membantu negara miskin.

"Kebersamaan adalah jawaban atas masa depan dengan senang solidaritas. Indonesia berupaya keras untuk menghasilkan inisiatif-inisiatif konkret untuk mendorong pemulihan situasi global agar segera pulih dan menjadi kuat. Recover together, recover stronger," jelas Jokowi.

Secara pribadi, Jokowi mengundang para delegasi untuk datang ke Indonesia untuk melihat keindahan alam, keunikan keragaman budaya dan keramahtamahan masyarakat Indonesia.

"Kami akan menyambut Bapak Ibu semua dengan penuh kegembiraan dan tangan terbuka, selamat datang di Indonesia," pungkas Jokowi.

ARTIKEL LAINNYA