Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Perkuat Pesan Presidensi G20 Indonesia, Menteri Johnny: Kominfo Sediakan Portal g20.org

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Kamis, 02 Desember 2021, 20:39 WIB
Perkuat Pesan Presidensi G20 Indonesia, Menteri Johnny: Kominfo Sediakan Portal <i>g20.org</i>
Opening Ceremony Presidensi G20 Indonesia di Lapangan Banteng, Sawah Besar, Jakarta Pusat, Rabu malam (1/12)/Repro
rmol news logo Presidensi G20 Indonesia resmi dibuka oleh Presiden Joko Widodo pada Rabu (1/12). Momentum memimpin agenda internasional ini ditargetkan untuk berkontribusi dalam pemulihan ekonomi global.

Melalui tema "Recover Together, Recover Stronger", Presiden mengharapkan Presidensi G20 Indonesia memberikan semangat baru untuk mewujudkan tatanan dunia.

Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. Plate, mengajak masyarakat Indonesia dapat memahami dan mengamplifikasi pesan kunci Recover Together, Recover Stronger dari Presidensi Indonesia.

Kementerian Kominfo, dipastikan Johnny juga sudah menyediakan portal informasi yang bisa digunakan sebagai referensi Keketuaan Indonesia dalam Forum G20.

"Kita harapkan betul pesan kunci dari Presidensi Indonesia, itu bisa diamplifikasi dengan baik, agar dipahami oleh masyarakat Indonesia serta dunia," ujar Johnny dalam keterangan tertulisnya pada Kamis (2/12).

Mantan legislator Partai Nasdem ini menyatakan, dengan dimulainya Presidensi G20 Indonesia, secara otomatis juga menandai peluncuran portal g20.org yang akan menjadi referensi seluruh rangkaian aktivitas kegiatan Forum G20.  

"Dalam hal ini akan dikelola oleh Kementerian Kominfo. Kita harapkan nanti portal ini juga yang menjadi referensi informasi semua aktivitas dan kegiatan G20," katanya.

Johnny menuturkan, dalam portal tersebut disediakan akses multilingual sesuai dengan bahasa yang digunakan oleh representasi anggota G20. Sehingga tidak hanya tersedia dalam bahasa Inggris, namun juga Kominfo akan menyediakan dalam bentuk multilingual.

"Ini nanti kita akan siapkan, masih satu tahun ke depan. Kita akan mengikuti apa yang setidaknya, minimalnya sama dengan website-website dari G20 sebelumnya,” jelasnya.

Menkominfo menjelaskan ada lebih dari 150 kegiatan dalam rangkaian Presidensi G20 yang dilaksanakan di 9 kota di Indonesia. Puncaknya akan berlangsung Leader Summit pada akhir bulan Oktober tahun 2022 mendatang.

Ada banyak kegiatan diawali melalui Sherpa Track yang dimulai dari tanggal 7 Desember sampai dengan 9 Desember 2021. Kemudian dilanjutkan dengan Finance Track pada tanggal 9 Desember sampai dengan 10 Desember.

"Selanjutnya, agenda-agenda itu akan dilakukan di berbagai kota di Indonesia," imbuhnya.

Johnny memastikan, Kementerian Kominfo akan mengupayakan dukungan 5G Experience dan infrastruktur jaringan telekomunikasi 4G yang kuat dalam setiap penyelenggaraan rapat penting G20.

"Sehingga kita berharap untuk pelaksanaan G20 ini bisa berlangsung lancar dan didukung dengan teknologi informasi dan komunikasi yang memadai,"demikian Johnny. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA