Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Presiden Jokowi Minta Polri tak Menggadaikan Kewibawaan

LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Sabtu, 04 Desember 2021, 02:17 WIB
Presiden Jokowi Minta Polri tak Menggadaikan Kewibawaan
Presiden Joko Widodo/Net
Presiden Joko Widodo mengingatkan agar Polri tidak menggadaikan kewibawaanya dengan mentoleransi pelanggar hukum.

Pasalnya, Jokowi mendapati banyak Kapolda maupun Kapolres yang baru menjabat justru menyambangi sesepuh ormas yang kerap menimbulkan keributan.

Saat mendengar alasan mendatangi sesepuh ormas yang kerap berbuat keributan, para Kepala Satuan Wilayah (Kasatwil) itu menyampaikan kepada Jokowi agar wilayahnya aman dan kondusif tak ada keributan.  

“Hati-hati, jangan menggadaikan kewibawaan dengan sowan kepada pelanggar hukum,” kata Jokowi dihadapan peserta Apel Kasatwil Polri di Bali, Jumat (3/12).

Dia meminta aparat penegak hukum melindungi dan membantu masyarakat lemah yang biasanya terpinggirkan dalam hukum, salah satunya pedagang kecil. Jokowi juga mengingatkan kapolda dan kapolres memperhatikan kasus-kasus tersebut, meski bukan tanggung jawabnya.

"Lindungi, saya kalau baca itu betul-betul, itu menjadi sebuah persepsi loh, hati-hati loh ya. Itu kecil-kecil, mungkin urusannya bukan kapolres (dan) kapolsek, tapi hati-hati tetap tanggung jawab kapolres, tetap tanggung jawab kapolda yang kecil-kecil seperti ini. Apalagi kalau sudah dicap diskriminasi terhadap yang lemah," tutur Jokowi.

EDITOR: IDHAM ANHARI

ARTIKEL LAINNYA