Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Prabowo-Puan Keok Saat Berhadapan dengan Ganjar-Erick dan Anies-Sandi

LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Minggu, 05 Desember 2021, 15:23 WIB
Prabowo-Puan Keok Saat Berhadapan dengan Ganjar-Erick dan Anies-Sandi
Ketua DPR RI Puan Maharani dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto/Net
Simulasi pasangan calon presiden dan wakil presiden untuk Pilpres 2024 mendatang turut dilakukan oleh lembaga survei Indikator Politik Indonesia.

Ada dua simulasi yang dibuat dan masing-masing mempertarungkan 3 pasangan.

Dalam simulasi pertama, mempertarungkan pasangan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan-Menteri BUMN Erick Thohir,  Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo-Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto-Ketua DPR RI Puan Maharani.

Hasilnya, pasangan Prabowo-Puan perkasa. Pasangan ini mendapat elektabilitas 29,6 persen.

Sementara Ganjar-Airlangga di posisi kedua dengan 28,8 persen dan Anies-Erick 28,2 persen.

Dalam simulasi kedua, Anies Baswedan disandingkan dengan Menparekraf Sandiaga Uno. Ganjar Pranowo diduetkan dengan Menteri BUMN Erick Thohir, sedangkan Prabowo masih bersama Puan.

Berbeda dengan simulasi pertama, Prabowo-Puan keok dalam simulasi ini dengan hanya mengantongi 28,1 persen. Juaranya adalah Ganjar-Erick dengan 31,1 persen, sedang Anies-Sandi di posisi runner up dengan 30,8 persen.

Survei tatap muka yang digelar 2 hingga 6 November 2021 ini dilakukan dengan metode multistage random sampling. Survei melibatkan 2020 orang dan memiliki margin of error 2,9 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

ARTIKEL LAINNYA