Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Krakatau Steel Terancam Bangkrut, Arief Poyuono Minta Serbuan Impor Besi dan Baja China Dibatasi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/angga-ulung-tranggana-1'>ANGGA ULUNG TRANGGANA</a>
LAPORAN: ANGGA ULUNG TRANGGANA
  • Senin, 06 Desember 2021, 22:33 WIB
Krakatau Steel Terancam Bangkrut, Arief Poyuono Minta Serbuan Impor Besi dan Baja China Dibatasi
Ketua Umum Federasi Serikat Pekeja BUMN Bersatu Arief Poyuono/Net
rmol news logo Di hadapan anggota Komisi VI DPR RI, Menteri BUMN Erick Thohir mengungkapkan fakta mengejutkan. Ia menyatakan bahwa PT Krakatau Steel bisa mengalami kebangkrutan jika sejumlah langkah restrukturisasi gagal dilakukan.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Merespons pernyataan Erick, mantan Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Arief Poyuono mengaku sependapat. Kata Arief, saat ini pasar besi dan baja di domestik permintaannya makin menurun.

Menurunnya permintaan itu sebagai akibat dari tersendatnya pembangunan infrastruktur karena pandemi virus corona baru (Covid-19).

"Artinya revenue PT Krakatau steel akan menurun drastis," demikian kata Ketua Umum Federasi Serikat Pekeja BUMN Bersatu ini, Senin malam (6/12).

Arief berpendapat, kondisi akan makin mengkhawatirkan, karena serbuan impor besi dan baja yang murah dari China akan makin berpotensi menghancurkan PT Krakatau Steel.

"Belum lagi kontrak kerjasama dengan POSCO Korea Selatan yang skema kontrak kerja sama sangat merugikan PT Krakatau steel dan diduga sarat dengan hanky panky," urai Arief.

Terkait adanya tantangan taruhan Rp 1 Miliar dari Komisaris Krakatau Steel Sarana Infrastruktur, Roy Maningkas yang ditujukan pada Erick Thohir, Arief punya pandangan tersendiri.

Menurut Arief Poyuono, Roy adalah sosok Komisaris yang tak memiliki kompetensi mengatasi masalah Krakatau Steel. Sebab, jabatan Komisaris didapat karena pernah menjadi relawan Joko Widodo di pemilihan presiden (Pilpres) 2019 lalu.

"Ini bentuk Komisaris yang memang below standar dan kurang menguasai persoalan PT Krakatau Stell maklum cuma modal relawan Pilpres," tandas Arief.

Dalam pandangan Arief Poyuono, jika benar nanti Krakatau Steel bangkrut, itu bisa dimaknai Erick Thohir salah menempatkan manajemen di perusahaan pelat merah produsen besi dan baja itu.

Arief meyakini, Krakatau Steel bisa diselamatkan apabila pemerintah membatasi impor besi dan baja.

"PT KS (Krakatau Steel) harus bisa efisien dalam memproduksi besi dan baja," pungkas Arief.

Ia juga mengingatkan Erick Thohir harus menempatkan orang yang memiliki kemampuan Finance Reengenering dan dipercaya pasar keuangan sebagai super tim menyelamatkan Krakatau Steel. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA