Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tinjau Sintang, Presiden Jokowi: Saya Perintahkan KLHK dan Swasta Buat Persemaian

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Rabu, 08 Desember 2021, 14:37 WIB
Tinjau Sintang, Presiden Jokowi: Saya Perintahkan KLHK dan Swasta Buat Persemaian
Presiden Joko Widodo dan Menteri PUPR, Basuki Hadimoeljono di Sintang, Kalimantan Barat/Net
rmol news logo Presiden Joko Widodo mengupayakan melakukan penghijauan kembali di Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat usai dilanda banjir sejak pertengahan November kemarin.

Upaya tersebut dilakukan dengan memerintahkan perusahaan swasta berskala besar membuat pesemaian bibit tanaman atau nursery di Kabupaten Sintang.

"Saya akan perintahkan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan serta perusahaan-perusahaan swasta besar yang ada di sini untuk membuat nursery, pesemaian, sehingga penghutanan kembali itu betul-betul bisa berjalan," tegas Presiden Jokowi di Sintang, Kalbar, Rabu (8/12).

Selain itu, pemerintah juga tela membuat tanggul dari geotube yang diisi pasir sebagai solusi jangka pendek untuk mengurangi banjir. Adapun dalam jangka panjang, pemerintah melakukan perbaikan kerusakaan daerah aliran sungai dan daerah tangkapan hujan (catchment area).

"Inilah yang juga akan disiapkan untuk dikerjakan, yaitu penanaman pohon, penghutanan kembali daerah-daerah yang berada di sekitar Sungai Kapuas maupun Sungai Melawi," ujar Jokowi.

Presiden berharap, upaya-upaya tersebut dapat mencegah terjadinya banjir kembali di wilayah Sintang. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA